Breaking News:

Bangun Budaya Siaga sejak Dini, BPBD Papua Barat Bentuk Sekolah Komunitas Bencana

BPBD Papua Barat membentuk Sekolah Komunitas Bencana untuk membangun budaya kesiapsiagaan saat menghadapi bencana.

Dok. Humas BNPB Papua Barat
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat membentuk Sekolah Komunitas Bencana untuk membangun budaya kesiapsiagaan saat menghadapi bencana. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat membentuk Sekolah Komunitas Bencana untuk membangun budaya kesiapsiagaan saat menghadapi bencana.

Kali ini Pulau Doom, Kota Sorong, menjadi sasaran BPBD provinsi Papua Barat dalam kegiatan Sekolah Komunitas Bencana.

"Pembentukan Sekolah Komunitas Bencana sebagai kunci utama untuk melindungi anak-anak dan generasi muda dalam membentuk lingkungan belajar yang kondusif serta aman dari bencana," ujar Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir, Rabu (28/4/2021).

"Kami ingin membangun budaya siaga dan budaya aman di sekolah. Tentu dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana," ucapnya.

Baca juga: 4 Kabupaten dengan Angka Kasus Malaria Tertinggi di Papua Barat, Manokwari Puncaki Daftar

Selain itu, lewat komunitas ini nantinya akan meningkatkan kapasitas institusi baik sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman.

"Kami berharap dengn hadirnya sekolah ini mampu menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas," tutur Derek.

Lebih lanjut, kata dia, pencapaian kesiapsiagaan lewat sekolah terhadap bencana sangatlah penting mengingat Indonesia termasuk negara dengan risiko bencana yang tinggi.

"Data dikumpulkan dari komponen sekolah seperti kepala sekolah, guru, dan tenaga administratif untuk meninjau kesiapsiagaan sekolah dalam pengurangan risiko bencana di Pulau Doom ini," kata Derek.

Baca juga: Bantah Hasil Survei IKIP Papua Barat Paling Rendah di Indonesia, Ini Kata Ketua PPID Papua Barat

Menurut dia tenaga pendidik di sekolah adalah komponen yang paling penting untuk menciptakan sekolah aman.

"Sekolah harus menjadi salah satu wadah dalam upaya pengurangan risiko bencana di Pulau Doom. Jadi kita menciptakan kesiapsiagaan lebih dini pada generasi muda," imbuhnya. (*)

Berita lainnya terkait Papua Barat

Penulis: Safwan Ashari Raharu
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved