Breaking News:

Informasi tentang Papua Didominasi Konflik, Pemprov Papua Minta OPD Ekspos perihal Pembangunan

Pemprov Papua Muhammad Musaad mengatakan, menilai  informasi yang berkaitan dengan Papua selalu identik dengan konflik politik dan kekerasan.

(DOK. Humas Pemprov Papua)
Kegiatan Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemprov Papua? di Jayapura, Selasa (27/4/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Muhammad Musaad mengatakan, menilai  informasi yang berkaitan dengan Papua selalu identik dengan konflik politik dan kekerasan bersenjata.

Atas hal itu, pihaknya meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mewujudkan keterbukaan informasi dengan mengekspos seluruh kegiatan yang dilakukan.

Hal ini karena dengan keterbukaan informasi, masyarakat di luar bisa mengetahui kabar mengenai pembangunan di Papua.

Baca juga: Noken Papua Terus Berbenah, dari Manual ke Mesin

“Tidak hanya rakyat di Papua tetapi juga rakyat di Indonesia harus mengetahui apa saja yang telah kami lakukan di Papua, bagaimana perkembangan Papua,” kata Musaad.

Dia mengatakan itu dalam kegiatan sosialiasi “Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemprov Papua” di Jayapura, Selasa (27/4/2021).

Pelaporan kegiatan, sambung Musaad, bisa dilakukan OPD secara daring dengan memanfaatkan laman masing-masing atau melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Selain itu, ekspos kegiatan juga bisa dilakukan OPD dengan memanfaatkan media massa.

"Kami berharap nantinya Pemprov Papua dapat berkolaborasi dengan pihak lain, seperti awak media, agar penyebaran informasi bagi masyarakat semakin masif,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tak hanya itu, imbuhnya, melalui keterbukaan informasi, masyarakat diharap bisa mengetahui dan ikut mengawasi jalannya pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Selama ini masih banyak informasi yang tidak terbuka, bahkan ada juga informasi-informasi yang tidak berimbang tentang Papua,” sebutnya.

Baca juga: Melawan, Pelaku Pemerkosaan Anak di Bawah Umur di Papua Ditembak Polisi

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved