Breaking News:

Pemprov Papua Minta Caretaker Bupati Selesaikan PSU di Tiga Kabupaten

Provinsi Papua meminta kepada masing-masing karateker bupati agar menyelesaikan pelaksanaan PSU Pemilu 2020

(Tribun-Papua/Musa Abubar)
Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Papua meminta kepada masing-masing caretaker bupati agar menyelesaikan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2020 tiga kabupaten di provinsi paling timur itu sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Diketahui PSU tergantung masing-masing penjabat bupati di daerah, Kabupaten Nabire, Boven Digoel termasuk Kabupaten Yalimo.

Anggaran PSU menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat, tidak bisa disediakan oleh pemerintah provinsi.

Baca juga: Soal Konflik di Papua Termasuk KKB, TB Hasanuddin Ungkap 4 Poin Sejarah Awalnya

"Kalau anggaran PSU tidak ada, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus koordinasi dengan caretaker bupati, koordinasi harus ditingkatkan, komunikasi harus baik," kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa kepada Tribun-Papua di Jayapura, Rabu (28/4/2021).

Menurut dia, melalui koordinasi yang baik, agar supaya caretaker bupati dan KPU harus melakukan evaluasi, jika tidak ada pembiayaan PSU maka solusinya bagimana, dilaporkan ke Pemerintah Provinsi.

"Jika dilaporkan ke Pemerintah Provinsi lalu laporan dilanjutkan ke Pemerintah pusat, tetapi kalau biaya ada ya digunakan. Kalau di anggaran perubahan ada maka dianggarkan untuk PSU maka bisa dilakukan," ujarnya.

Dia menambahkan, PSU bisa dianggarkan di anggaran perubahan lantaran itu anggaran 2021, sehingga PSU bisa segera dilaksanakan sesuai dengan waktu yang diberikan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Setidaknya ada tiga kabupaten terdekat, yaitu Paniai, Dogiai, dan Deiyai, yang warganya digunakan untuk masuk ke Nabire.

Pada putusan MK, jumlah pemilih tetap yang ditetapkan menjadi DPT berjumlah 178.545 pemilih.

Baca juga: 9 Anggota KKB Termonitor Tertembak dalam Kontak Senjata dengan TNI-Polri

Halaman
12
Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved