Breaking News:

Kabid Humas Polda Papua: Postingan Foto Pengungsian di Kabupaten Puncak Hoax

Postingan yang memuat foto pengungsian di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua lantaran terintimidasi operasi militer pada Kamis (29/4/2021) merupakan hoax.

(Tribun-papua.com/Musa Abubar)
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Terkait beredarnya postingan yang memuat foto pengungsian di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua lantaran terintimidasi operasi militer pada Kamis (29/4/2021) merupakan hoax atau berita bohong.

Postingan tersebut di muat oleh akun media social Twitter milik @albertsamuel28 dan @PapuanLives.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Muthofa Kamal kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (29/4/2021) mengatakan hasil pemeriksaan pada foto tersebut, didapati fakta bahwa dokumentasi tersebut merupakan dokumentasi pada tahun 2020 sekitar Maret hingga pertengahan Juli 2020.

Baca juga: KontraS Protes soal KKB Ditetapkan Jadi Organisasi Teroris: Harusnya Jangan dengan Emosional

Lanjut dia, yang mana gambar tersebut diambil oleh seorang anggota humas dan dikirimkan kepada awak media sebagai bahan dokumentasi pemberitaan.

Menurut dia, dokumentasi tersebut merupakan foto pengungsian di Kabupaten Mimika dan merupakan warga Kampung Banti serta Kimbeli yang meminta perlindungan kepada aparat keamanan.

Hal ini karena KKB yang saat itu menguasai daerah tersebut sehingga membuat masyarakat merasa terancam dan tertekan.

Dia menjelaskan, foto tersebut banyak beredar didunia maya dan menyebutkan apabila ingin mencari foto tersebut bisa di cari pada Google dengan kata kunci Pengungsian Tembagapura pada tahun 2020 maka akan muncul gambar tersebut.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan setiap informasi maupun provokasi yang belum jelas sumber informasinya.

"Karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri maupun orang lain serta dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Mari kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di tanah Papua agar tetap aman dan kondusif," tambah dia.

Berita lain tentang Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved