Breaking News:

KKB Papua

Pola Operasi Keamanan di Papua akan Diubah, Menyusul KKB Resmi Jadi Organisasi Teroris

Pola operasi pemeliharaan keamanan di Papua disebut Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen (Pol) Imam Sugianto akan dirubah.

(Achmad Nasrudin Yahya)
Prajurit TNI tengah berkonsentrasi saat melakukan pengintaian di Kampung Jalai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pola operasi pemeliharaan keamanan di Papua disebut Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen (Pol) Imam Sugianto akan dirubah.

Hal ini tercetus setelah keputusan pemerintah yang resmi mengategorikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai organisasi teroris.

"Berarti akan kami susun lagi pola operasinya," kata Imam dalam keterangannya, Kamis (29/4/2021).

Namun, dia belum menjelaskan secara detail soal perubahan operasi tersebut.

Baca juga: Peringatkan TNI-Polri dan BIN saat Menindak KKB di Papua, Mahfud MD: Jangan Nyasar ke Masyarakat

Diketahui, saat ini TNI/Polri melaksanakan Operasi Nemangkawi dalam rangka memelihara keamanan di Papua dari gangguan KKB.

Belakangan ini, KKB menebar aksi teror di Kabupaten Puncak, Papua. Sebelumnya, kelompok itu menembak mati dua guru, yaitu Oktovianus Rayo dan Yonatan Renden.

Oktovianus ditembak KKB pada Kamis (8/4/2021) di Kampung Julukoma, Distrik Beoga. Sementara Yonatan ditembak pada Jumat (9/4/2021) di ibu kota Distrik Beoga.

KKB juga membakar beberapa rumah guru dan sejumlah ruangan di tiga sekolah, yaitu SD Jambul, SMP Negeri 1 Beoga, dan SMA Negeri 1 Beoga.

Baca juga: Peringatkan TNI-Polri dan BIN saat Menindak KKB di Papua, Mahfud MD: Jangan Nyasar ke Masyarakat

Kemudian, KKB menembak mati seorang pengojek sepeda motor bernama Udin seusai mengantar penumpang di Kampung Eromaga pada Rabu (14/4/2021). KKB pun menembak seorang pelajar SMAN 1 Ilaga, Ali Mom, pada Kamis (15/4/2021).

Berikutnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha gugur dalam kontak tembak dengan KKB di Distrik Beoga, Minggu (25/4/2021).

Terkini, pada Selasa (27/4/2021), satu anggota Brigade Mobil (Brimob) dari Satgas Nemangkawi gugur dalam kontak tembak dengan KKB. Dua anggota lainnya mengalami luka-luka akibat terkena tembakan.

Berita tentang KKB Papua

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KKB Papua Jadi Organisasi Teroris, Polri Akan Ubah Pola Operasi"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved