Breaking News:

Program 'Bawa Perubahan', 5 Rencana Percepatan Pembangunan Papua yang Digagas Stafsus Jokowi

Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Billy Mambrasar mengungkapkan akan ada lima Program Utama Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

instagram/jokowi
Presiden Jokowi saat tiba di Pegunungan Arfak, Papua Barat, 27 Okt 2019. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Billy Mambrasar mengungkapkan akan ada lima Program Utama Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat.

Hal ini disampaikannya dalam webinar “Untukmu Indonesiaku – Membangun Indonesia Secara Berkelanjutan dari Timur”, pada Kamis (29/04/2021).

Program yang akan digerakkan oleh anak-anak muda Orang Asli Papua (OAP) ini merupakan bentuk perwujudan dari Instruksi Presiden No. 9 tahun 2020.

Baca juga: Soal Label Teroris KKB, Yenny Wahid Minta Pemerintah Lebih Fokus Sejahterakan Papua

“Komitmen Pak Jokowi untuk memajukan Papua, untuk memajukan orang Papua, tidak berubah. Oleh sebab itu, beliau mengeluarkan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2020, yaitu tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, di mana Orang Asli Papua akan menjadi sasaran utama dari program peningkatan kesejahteraan tersebut,” ungkap Billy dalam rilisnya dikutip dari setkab.go.id.

Billy mengatakan program tersebut diberi nama Bawa Perubahan atau Baper.

Ia berharap, program Baper bisa membantu menyelesaikan permasalahn di Papua dan Papua Barat, khususnya dalam kesejahteraan dan pembangunan orang asli Papua.

“Kami berharap bahwa intervensi dari program ini akan menciptakan ribuan pekerjaan baru bagi anak-anak asli Papua, dan mereka akan menciptakan dampak positif berganda secara ekonomi di Papua dan Papua Barat,” kata Billy.

Dampak positif tersebut di antaranya, menurunnya tingkat pengangguran, berkurangnya angka kemiskinan, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat

Baca juga: Jumlah ODGJ Meningkat, Kadinsos Minta RSJ Dibuka di Manokwari

Berikut lima rencana percepatan pembangunan yang digagas oleh Billy:

1. Papua Youtch Creative Hub

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved