Breaking News:

Kapal Wisata dari Luar Papua Barat Dilarang Masuk Raja Ampat pada 6-17 Mei 2021

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Raja Ampat mengatakan kapal wisata dari luar Papua Barat dilarang masuk ke Kabupaten Raja Ampat.

(KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA)
Destinasi wisata Pianemo di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek terbayar begitu melihat keindahan Pianemo dari atas bukit. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kapal wisata dari luar Papua Barat dilarang masuk ke Kabupaten Raja Ampat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raja Ampat, Anggiat P Marpaung.

Melansir Antara, Selasa (4/5/2021), larangan untuk masuk dan beraktivitas di sana berlaku pada periode larangan mudik yakni 6-17 Mei 2021.

Anggiat menuturkan, larangan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Pemerintah Pusat nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Lebaran 6-17 Mei 2021.

Selama periode tersebut, baik kapal wisata maupun penumpang dari luar Papua Barat tidak diizinkan memasuki wilayah Raja Ampat.

Baca juga: Polda Papua Barat Bakal Siagakan 995 Personel dalam Operasi Ketupat 2021

Kendati demikian, terdapat pengecualian bagi kapal pengangkut logistik atau barang-barang kebutuhan masyarakat setempat.

Adapun, kebutuhan logistik terutama bahan pokok yang berasal dari Kota Sorong, Papua Barat, tetap dapat masuk ke sana selama periode tersebut.

“Terkecuali kapal yang membawa penumpang dari luar daerah Papua Barat masuk wilayah Raja Ampat tidak diizinkan,” tegas Anggiat.

Lebih lanjut, pihaknya dengan instansi terkait akan melakukan pengawasan ketat terhadap setiap kapal yang masuk ke Raja Ampat.

Meski kapal wisata dilarang, namun pariwisata Raja Ampat tetap dibuka selama periode larangan mudik bagi pengunjung dari luar Papua.

Baca juga: Umat Muslim Bisa Salat Idul Fitri di Masjid, Kanwil Kemenag Papua Barat: Tapi Harus Patuhi Prokes

“Jadi wisata dari luar Papua misalnya Jakarta, serta wisatawan asing yang sudah berada di Kabupaten Raja Ampat, selama masa libur lebaran bebas beraktivitas di destinasi wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamtego, mengutip Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Akan tetapi, dia tetap menganjurkan agar para wisatawan selalu taat akan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat.

Berita lainnya terkait Papua Barat

(Kompas.com/Nabilla Ramadhian)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Raja Ampat Larang Kapal Wisata Masuk pada 6-17 Mei 2021

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved