Breaking News:

Sikapi Situasi Keamanan di Papua, Kapolri dan Panglima TNI Dijadwalkan Hari Ini Tiba di Mimika

Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan berkunjung ke Papua khususnya di Kabupaten Mimika, Jumat (7/5/2021) hari ini.

TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Menyikapi situasi Papua yang memanas dengan kontak tembak beberapa waktu lalu, Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan berkunjung ke Papua khususnya di Kabupaten Mimika, Jumat (7/5/2021) hari ini.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri kepada Tribun-Papua di Jayapura, Jumat (7/5/2021) menyampaikan, kunjungan Kapolri dan Panglima tersebut untuk melihat kinerja anggota yang ada di Provinsi Papua.

"Kunjungan Kapolri dan Panglima sekaligus untuk memberikan nasehat dan wejangan kepada prajurit untuk bagaimana melaksanakan tugas termasuk terkait isu terakhir di Papua," kata Kapolda Papua.

Baca juga: Kamis Malam, KKB Kembali Menembaki Aparat TNI-Polri di Illaga Papua

Menurut Kapolda, isu yang saat ini terjadi di Papua menambah beban tugas anggota yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sehingga kehadiran dua pimpinan tersebut diharapkan mampu memberi semangat anggota yang mendramabaktikan diri kepada tanah Papua.

Sementara itu, pasca Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilabelkan sebagai teroris oleh pemerintah, maka penangannya masih tetap dilakukan oleh Polda Papua dengan prosedur hukum yang sedang berlaku saat ini.

"Kami masih melakukan dalam prosedur hukum yang berlaku, kami fokus pada pendekatan kesejahteraan. Sehingga ranah terpenting ada di Polda Papua bagaimana melakukan peran ini," kata Kapolda.

Baca juga: KKB Tembak Polres Puncak 3 Kali, Kapolda Papua: Sangat Mungkin Pelakunya Kelompok Lekagak Telenggen

Dalam menyelesaian konflik bersenjata di Papua, sebelumnya Polda Papua melakukan pertemuan dengan para Bupati Pegunungan Tengah Papua.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari strategi Polri untuk mengajak para pejabat bupati mengambil bagian dalam rangka membangun image di tengah masyarakat, membangun kerjasama dan menyakinkan masyarakat supaya bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa.

"Peran Bupati hadir di tengah masyarakat paling tidak aktivitas pemerintah sedang berjalan di setiap kabupaten bahkan hingga ke distrik distrik," tambah dia.

Berita lain tentang Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved