Breaking News:

IPM Papua Barat Tertinggal dari Daerah Lain, Balitbangda: Penyebabnya karena Masalah Pendidikan

Kepala Bidang Diseminasi Kelitbangan Balitbangda Papua Barat mengatakan hingga kini Papua Barat masih tertinggal dalam aspek kualitas SDM.

Penulis: Safwan Ashari Raharu
Editor: Astini Mega Sari
(Humas Balitbangda Papua Barat)
Pmbahasan tentang rencana pembangunan SMA Taruna Kasuari Nusantara. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM - Kepala Bidang Diseminasi Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat, Ezrom Batirinding mengatakan hingga kini Papua Barat masih tertinggal dalam aspek kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papua Barat masih tertinggal dengan provinsi lain di Indonesia," ujar Ezrom, Senin (10/5/2021)

"Salah satu komponen penyebab rendahnya IPM rendah adalah karena permasalahan pendidikan."

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Neraca Pendidikan Daerah Provinsi Papua Barat, Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat menyebutkan bahwa ada sejumlah permasalahan yang secara umum terjadi di Papua Barat.

Baca juga: Menkes Minta Dinkes Papua Barat Benahi Layanan Persalinan demi Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

"Seperti, rendahnya (IPM), rendahnya Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) khususnya di jenjang pendidikan SMA sederajat," ucapnya.

Hal tersebut dikarenakan terbatasnya layanan fasilitas pendidikan, kuantitas dan kualitas guru termasuk tenaga kependidikan.

"Selain itu, lulusan SMA dari Papua Barat yang diterima pada Perguruan Tinggi terkemuka masih sangat sedikit karena kemampuan dan kompetensi di bidang MIPA dan Bahasa Inggris yang rendah," ungkap Ezrom.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan berbagai kebijakan serta regulasi dan tindakan, baik di tingkat kabupaten kota dan provinsi.

"Meskipun terjadi kemajuan dan perkembangan, masih terdapat permasalahan yang memerlukan tindakan-tindakan strategis untuk penyelesaiannya," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved