Breaking News:

Polisi Sebut Otak Kerusuhan Jayapura Victor Yeimo Suplai Data untuk Veronica Koman di Australia

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, polisi menemukan bahwa Victor Yeimo merupakan penyuplai data bagi Veronica Koman.

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
(Humas Polda Papua)
Victor Yeimo saat diperiksa di Polda Papua 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Polisi menemukan fakta baru pasca-penangkapan Victor Yeimo (28) yang merupakan tersangka dalang kerusuhan di Kota Jayapura pada tahun 2019.

Direktorat Kriminal Umum Polda Papua terus melakukan pemeriksaan terhadap Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tersebut atas keterlibatannya dengan sejumlah kasus di Papua.

Satu di antaranya yang menjadi fokus penyelidikan adalah keterlibatan Victor Yeimo dengan Veronica Koman.

Veronica Koman sendiri merupakan sosok yang dianggap sebagai salah satu provokator kerusuhan yang sama.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, polisi menemukan bahwa Victor Yeimo merupakan penyuplai data bagi Veronica Koman yang sementara berada di Australia.

Baca juga: TNI-Polri Cari Hubungan Victor Yeimo dengan KKB Papua, Ini Alasannya

"Sementara penyelidikan tentang itu karena selama ini mereka sama-sama memberitakan hal-hal yang tidak benar tentang Papua, yang bersangkutan (Victor Yeimo) ini ambil data dari KNPB kemudian dibagikan kepada Veronica Koman yang berada di Australia sana. Jadi dia ini seperti penyuplai data bagi Veronica Koman," kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Selasa (11/5/2021).

Mathius mengatakan, selain memeriksa hubungan antara Victor Yeimo dan Veronica Koman, penyidik juga memeriksa penyuplai aliran dana bagi KNPB.

"Kita akan periksa aliran dana untuk organisasi ini (KNPB). Termasuk aksi mereka di kantor gubernur Papua tahun 2019 lalu. Kita dalami aliran dananya dari siapa," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara KNPB Victor Yeimo ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kerusuhan di Kota Jayapura pada 2019 lalu.

Baca juga: Kata Kapolda soal Penangkapan Aktor Kerusuhan Papua Victor Yeimo: Biar Saja sampai Tua di Penjara

Selain itu, ia juga dijerat beberapa kasus lainnya seperti ITE, propaganda dan kasus makar.

Victor Yeimo, yang juga masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus kerusuhan Papua pada 2019 lalu, ditangkap di Abepura, Minggu (9/5/2021) sekitar pukul 19.15 WIT. (*)

Berita lainnya terkait penangkapan Victor Yeimo

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved