Breaking News:

Perbaikan Gangguan Dilakukan Bertahap, Internet di Jayapura Papua Baru Pulih Total pada Juni 2021

Jaringan telekomunikasi di Jayapura, Papua, masih dalam tahap perbaikan setelah mengalami gangguan sejak Jumat (30/4/2021).

Editor: Astini Mega Sari
Lendy Ramadhan/Tribunnews.com
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate 

TRIBUN-PAPUA.COM - Jaringan telekomunikasi di Jayapura, Papua, masih dalam tahap perbaikan setelah mengalami gangguan sejak Jumat (30/4/2021).

Diketahui gangguan tersebut diakbatkan putusnya kabel serat optik bawah laut.

Dilansir Antara, Jumat (14/5/2021), Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) menyebut pihaknya bersama pihak terkait tengah melakukan perbaikan untuk pemulihan transmisi data.

"Kabel bawah laut yang menjadi tulang punggung transmisi data Indonesia Barat dan Indonesia Timur itu terputus, sehingga terjadi gangguan layanan telekomunikasi," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Platte, dalam keterangannya, seperti dikutip Tribun-Papua.com dari Antara, Minggu (16/5/2021).

"Kami terus ebrusaha bersama operator seluler dan operator fiber optik bawah laut untuk memulihkan transmisi data dari kawasan barat ke kawasan timur dengan pemanfaatan microwave link, radio dan berbagai saran lain."

Baca juga: Curhatan Warga Jayapura: Mudik Dilarang, Lebaran Virtual Pun Tak Bisa

Johnny menyebut pemulihan sepenuhnya baru bisa tercapai pada Juni 2021.

Kini semua pihak terkait masih terus mengupayakan layanan telekomunikasi dapat kembali aktif seperti semula.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan Papua memang menjadi wilayah yang ditargetkan Kominfo untuk mendapatkan pembangunan infrastuktur yang masif di 2021 dan 2022 sehingga mendapatkan layanan telekomunikasi yang optimal.

Pembangunan infrastuktur itupun merupakan bagian program untuk menghadirkan layanan merata di wilayah 3T.

"Mudah-mudahan kita dapat selesaikan ini di akhir tahun 2022 nanti dan peningkatan-peningkatan kapasitas layanan tentu akan semakin membaik dengan hadirnya SATRIA 1 dengan kapasitas 150 Gbps, salah satau dari 5 satelit terbesar di dunia yang akan melayani keseluruhan Electronis Government Indonesia," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved