Breaking News:

KKB Papua

3 KKB Ini Mengaku Punya Peran Masing-masing, Ada yang Pantau Aparat hingga Pencari Logistik

Sebanyak tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen menyerahkan diri kepada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Puspen Mabes TNI)
Seorang pelajar tingkat SMA bernama Ali Mom (16) tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (15/4/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sebanyak tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen menyerahkan diri kepada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl.

Ketiganya menyerahkan diri kepada anggota TNI yang saat itu tengah melaksanakan patroli keamanan di Kampung Tanah Merah, Papua, pada Sabtu (15/5/2021).

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan mereka yang menyerahkan diri masing-masing berinisial YAW (34), MM (17), dan OM (41).

Baca juga: Pasca-kontak Tembak dengan KKB di Mayuberi, Satgas Nemangkawi Lakukan Penyisiran dan Olah TKP

“Tiga orang yang menyerahkan diri itu merupakan anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen,” kata Suriastawa dalam keterangannya dikutip dari Tribunnews.com pada Minggu (16/5/2021).

Suriastawa menjelaskan, berdasarkan pengakuan dari ketiganya, mereka memiliki tugas berbeda-beda saat masih aktif dalam KKB.

Anggota KKB berinisial YAW yang juga terlibat perang di Tembagapura tahun 2017 sampai 2019 bertugas sebagai pemantau aparat keamanan yang akan masuk ke Kampung Tigilobak.

Lalu MM, bertugas sebagai pencari logistik dan dana dari masyarakat.

Sedangkan OM, sebagai pendamping saat YAW dan MM melaksanakan tugasnya.

Selain menyerahkan diri, kata Suriastawa, ketiganya juga menyerahkan sejumlah senjata kepada pihak TNI.

Senjata yang diserahkan antara lain berupa senapan angin, golok, anak panah, amunisi SS2, softgun, beberapa dokumen, ransel, ponsel, dan lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved