Breaking News:

Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal

Sosok Wagub Papua Klemen Tinal, Dikenal Bersahaja, Ramah hingga Cekatan Atasi Masalah

Klemen Tinal sudah cukup lama berkecimpung di dunia politik. Dia pernah menjabat Bupati Mimika pada 2001-2006 dan 2008 - 2013.

Humas Polda Papua
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pada Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 04.00 WIB, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta.

Mengenai sosok Klemen Tinal, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Papua, Mansur, yang sudah mengenal almarhum sejak menjadi Bupati Mimika, melihat sosok Klemen sebagai orang yang cerdas dan bersahaja.

"Beliau kekerabatannya tinggi dan bersahaja, jadi low profile. Saya tidak pernah melihat pak Klemen Tinal sejak jadi bupati, kurang baik sama orang dan tidak pernah marah," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (21/5/2021).

Dalam menghadapi masalah, Mansur menyebut, Klemen Tinal tidak suka bertele-tele.

Baca juga: Tito Karnavian dan Akbar Tanjung Hadiri Rumah Duka Wagub Papua Klemen Tinal

Dia pun menyatakan, seluruh masyarakat Papua yang berasal dari Sulawesi Selatan ikut berduka atas kepergian Klemen Tinal.

"Almarhum dalam mengatasi masalah orangnya praktis dan taktis. KKSS merasa kehilangan karena almarhum adalah Dewan Penasehat KKSS. Kami menganggap almarhum adalah saudara sendiri," kata dia.

Pengibaran bendera setengah tiang di Kantor Gubernur Papua sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, Jum'at (21/5/2021) pagi, Jayapura, Papua
Pengibaran bendera setengah tiang di Kantor Gubernur Papua sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, Jum'at (21/5/2021) pagi, Jayapura, Papua (Kompas.com)

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Ardindo Papua, Tulus Sianipar. 

Dia yang telah lama mengenal sosok almarhum mengaku kagum dengan cara Klemen Tinal menyelesaikan masalah.

Karenanya, Tulus mengaku merasakan duka mendalam ketika mengetahui kabar tentang meninggalnya Klemen Tinal.

"Beliau adalah pribadi yang smart, beliau tidak suka bertele-tele, langsung straight. Itu bisa kita lihat saat beliau memberikan sambutan dan arahan, tidak panjang tapi langsung pada intinya. Kita sangat kehilangan salah satu aset sumber daya manusia Papua yang sangat bagus," kata Tulus.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved