Breaking News:

Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal

Keributan Sempat Terjadi di Rumah Duka Wagub Papua, Kapolda: Tidak Ada Proses Pidana

Kapolda Papua mengatakan aksi massa yang menimbulkan keributan di rumah duka Wagub Papua Klemen Tinal tidak sampai diproses hukum.

Editor: Astini Mega Sari
(KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI)
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal - Kapolda Papua mengatakan aksi massa yang menimbulkan keributan di rumah duka Wagub Papua Klemen Tinal tidak sampai diproses hukum. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, mengatakan aksi massa yang menimbulkan keributan di rumah duka Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Jayapura, tidak sampai diproses hukum.

Diketahui, pada Sabtu (23/5/2021) malam, saat jenazah baru tiba di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Papua, massa yang berduka sempat melakukan perusakan.

Kemudian Minggu (23/5/2021) malam, saat itu jenazah sudah barada di Kabupaten Mimika, kembali terjadi keributan akibat beberapa masyarakat yang mabuk.

"Tidak ada proses pidana (dari kejadian di rumah duka Klemen Tinal), nanti biar pemerintah daerah yang selesaikan," ujar Kapolda, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Kapolda Ungkap Pemicu Keributan di Rumah Duka Wagub Papua Klemen Tinal pada Minggu Malam

Namun, Fakhiri juga menyayangkan keributan yang terjadi pada minggu malam yang dipicu oleh sekelompok orang yang tengah mabuk setelah mengkonsumsi minuman beralkohol.

"Itu yang sangat disayangkan oleh kami termasuk keluarga yang berduka, ini sudah keluar dari budaya, mereka minum (alkohol) lalu ribut cari persoalan," kata dia.

Mengenai kerugian atas perusakan rumah jabatan Wakil Gubernur Papua, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi Papua.

"Itu saya tidak mencampuri (perabotan rumah yang hilang), nanti kami minta pemerintah daerah mendata dan prosesnya diselesaikan oleh pemerintah daerah," kata dia.

Wakil Gubernur Klemen Tinal meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, Jumat, sekitar pukul 04.00 WIB.

Baca juga: Alasan Polisi Kosongkan Jalan dan Minta Pertokoan Tutup saat Jenazah Klemen Tinal Tiba di Jayapura

Klemen Tinal sudah cukup lama berada di dunia politik, ia pernah menjabat Bupati Mimika pada 2001-2006 dan 2008-2013.

Kemudian pada 2014, Klemen Tinal dilantik menjadi Wakil Gubernur Papua hingga saat ini.
Klemen Tinal lahir di Beoga, Kabupaten Puncak, pada 23 Agustus 1970.

Selain sebagai Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal juga menjabat Ketua DPD Golkar Papua, Ketua Percasi Papua dan Ketua DPP Perserosi.

Berita lainnya terkait Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal

(Kompas.com/Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Keributan di Rumah Duka Wagub Papua, Kapolda: Biar Pemda yang Selesaikan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved