Paulus Waterpauw: Pasca-reformasi, Kaum Muda Papua Tak Lagi Manut Kelompok Tua

Komjen Pol Paulus Waterpauw menuturkan kalangan muda Papua kini tak mau lagi mendengar ucapan yang disampaikan oleh kelompok tua sejak reformasi.

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Komjen Pol Paulus Waterpauw menuturkan kalangan muda Papua kini tak mau lagi mendengar ucapan yang disampaikan oleh kelompok tua sejak reformasi. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kabaintelkam Komjen Pol Paulus Waterpauw menuturkan kalangan muda Papua kini tak mau lagi mendengar ucapan yang disampaikan oleh kelompok tua sejak reformasi.

Menurutnya, perubahan ini kalangan muda ini yang membuat dukungan separatisme di Papua semakin meluas.

"Saya mau singgung gerakan transformasi kaum muda ya. Mungkin ini saya ikuti terus dari LIPI, di mana disebutkan pasca reformasi itu kaum muda sudah tidak lagi manut atau dengar kelompok tua," kata Paulus dalam diskusi daring, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Hapus Trauma Warga dari Aksi KKB, Polda Papua dan Pemkab Puncak Gelar Program Binmas Noken

Paulus menuturkan kalangan muda ini pun mengusung identitas Papua untuk menentang Indonesia.

Mereka juga terus mendorong adanya kemerdekaan Papua.

"Kaum muda ini membuat transformasi gerakan dengan melibatkan sejumlah kelompok di Papua dan mahasiswa kemudian mengusung identitas ke Papua-an sebagai wujud menentang Indonesia. Mereka mengungkapkan Indonesia itu ada kolonialis dan sebagainya," ungkap dia.

Lebih lanjut, Paulus menuturkan kalangan muda Papua ini disebutkan kalangan yang terdidik. Tak hanya di Papua, mereka juga tersebar di seluruh Indonesia. 

"Mereka ini kan kelompok terdidik, tidak hanya di wilayah Papua tetapi di wilayah Nusantara. Tidak hanya di Indonesia tetapi di Diaspora. Yang ini yang saya pikir, saya ditugaskan dari pimpinan untuk dapat melakukan upaya-upaya sinergitas dengan kelembagaan dan instansi terkait sehingga mendorong kelompok kaum muda ini bisa di eleminir baik di dalam maupun di luar," tukasnya.

Berita lain tentang Papua

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kabaintelkam Polri: Kaum Muda Papua Tak Lagi Manut Dengan Kelompok Tua
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved