Breaking News:

KKB Papua

Konflik Bersenjata TNI-Polri dengan KKB Terus Terjadi, PDIP Papua Dorong Penyelesaian Jalan Dialog

DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua menilai jalan satu-satunya penyelesaian berbagai konflik yang terjadi di Papua adalah melalui jalan dialog

Editor: Astini Mega Sari
Tribunnews.com/istimewa
Ilustasi TNI di Papua - DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua menilai jalan satu-satunya penyelesaian berbagai konflik yang terjadi di Papua adalah melalui jalan dialog 

TRIBUN-PAPUA.COM - Konflik kekerasan di Papua masiih terus terjadi hingga saat ini.

Menanggapi hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua menilai jalan satu-satunya penyelesaian berbagai konflik yang terjadi di Papua adalah melalui jalan dialog.

Menurutnya, ini lebih baik daripada melalui jalan kekerasan bersenjata, lantaran hanya akan menimbulkan korban bisa di pihak aparat TNI-Polri, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), maupun juga warga sipil.

Pelaksana Harian Ketua DPD PDI Perjuangan Papua Ignasius Hasim yang dihubungi dari Timika, Minggu (30/5/2021), berujar adanya konflik bersenjata antara aparat TNI-Polri dengan KKB akhir-akhir ini meningkat tajam dan menimbulkan keresahan di kalangan warga Papua.

Baca juga: Jubir TPNPB-OPM Klaim KKB Lamek Taplo Jadi Pelaku Penyerangan yang Tewaskan Briptu Mario Sanoy

Diketahui, KKB belum lama ini muncul pada sejumlah daerah di pedalaman Papua, seperti Intan Jaya, Puncak, Nduga, dan lainnya.

"Kita semua berharap dan berdoa agar ke depan situasi dan kondisi keamanan di Papua semakin kondusif. Tentu kami terus-menerus mendorong agar ada dialog yang baik dan bermartabat antara pemerintah baik di pusat maupun di daerah dengan saudara-saudara kita yang hidup di atas Tanah Papua," kata Ignasius.

DPD PDI Perjuangan Papua, katanya lagi, menyerahkan sepenuhnya penanganan setiap permasalahan terkait kasus-kasus kekerasan oleh kelompok bersenjata di Papua kepada aparat penegak hukum.

Secara organisasi, DPD PDI Perjuangan Papua juga secara kontinu melaporkan setiap kejadian kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di Papua ke DPP PDI Perjuangan lantaran kewenangan untuk mengambil keputusan, kebijakan, dan lainnya merupakan kewenangan induk partai di tingkat pusat.

Baca juga: Kabaintelkam Ungkap Sejumlah Dampak Negatif Buntut Pelabelan Teroris terhadap KKB di Papua

"Melalui setiap laporan yang kami sampaikan tentu DPP PDI Perjuangan akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat yang mana Presiden Joko Widodo merupakan kader PDI Perjuangan," kata Ignasius.

Menyangkut label terorisme kepada KKB Papua yang ditetapkan oleh pemerintah belum lama ini, DPD PDI Perjuangan Papua menyatakan menghormati hal itu.

Namun demikian dalam penanganan terhadap KKB di Papua diharapkan aparat penegak hukum tetap mengedepankan pendekatan yang menghormati nilai-nilai kemanusiaan.

"Bagaimanapun juga, suka atau tidak suka, mereka-mereka ini merupakan saudara-saudara kita yang juga merupakan teman seperjuangan kita untuk bersama-sama membangun Tanah Papua yang lebih damai dan beradab ke depan," ujar Ignasius.

Baca juga: Daftar 9 KKB yang Masih Lakukan Teror di Papua, Berlokasi di Intan Jaya hingga Puncak Papua

Berita tentang KKB Papua lainnya

(Antara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved