Breaking News:

Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal

Ungkap Daftar Barang yang Hilang saat Perusakan Rumah Wagub Papua, Kapolda Papua: Sudah Dikembalikan

Aksi perusakan rumah dinas Wakil Gubernur Papua pada 21-22 Mei 2021 lalu ternyata diwarnai insiden hilangnya uang tunai Rp 6 miliar dan sebuah jam mer

Editor: Claudia Noventa
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal berpulang pada Jumat (21/5/2021) pagi. Jenazah Klemen Tinal saat ini disemayamkan di rumah duka Sentosa, RSPAD, Jakarta Pusat. Suasana haru dan berduka sangat terasa di ruangan tempat Klemen Tinal disemayamkan. 

TRIBUNWOW.COM - Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapan barang yang hilang dari umah dinas Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal.

Diketahui, terjadi aksi perusakan rumah dinas Wagub Klemen Tinal pada 21-22 Mei 2021 lalu.

Kejadian perusakan tersebut dilakukan sebagai bagian tradisi duka atas meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, di Jakarta pada 21 Mei 2021.

Aksi perusakan rumah dinas Wakil Gubernur Papua ternyata diwarnai insiden hilangnya uang tunai Rp 6 miliar, sebuah jam merek Rolex, serta beberapa perhiasan.

Baca juga: Ikut Peringati Hari Pancasila bersama Mahasiswa Papua, Kapolda NTB: Semangat Pemuda yang Luar Biasa

Baca juga: Viral Video Anggota Brimob Aniaya Bocah 10 Tahun Pencuri Kotak Amal, sempat Tunjukkan Senjata

Namun, Irjen Mathius D Fakhiri menyebut, uang, jam Rolex serta beberapa perhiasan yang sempat hilang dari rumah duka sudah diamankan Dansat Brimob Kotaraja.

"Barang-barang yang hilang, sejumlah uang Rp 6 miliar, jam Rolex dan perhiasan milik Ibu (Wagub) sudah dikembalikan dalam keadaan utuh dan lengkap kepada Polri," ujarnya di Jayapura, Senin (31/5/2021).

Fakhiri belum menyebut nama atau inisial orang yang mengembalikan uang, jam Rolex dan perhiasan tersebut.

Namun ia memastikan, Direskrimum Polda Papua akan terus mengembangkan kasus tersebut karena saat ini sudah ada rekaman CCTV yang diamankan.

"Yang mengembalikan akan kita interogasi dan keterangannya akan kita konfrontir dengan rekaman CCTV," kata dia.

Baca juga: Bantah Narasi soal Pasukan Setan, Pangdam Cenderawasih: Batalyon 315 Itu Motonya Garuda

Mengenai perusakan rumah Dinas Wakil Gubernur Papua, Fakhiri meralat pernyataan sebelumnya bahwa tindakan tersebut tidak akan berujung pada kasus pidana.
Menurut dia, tindakan yang dilakukan massa saat itu sudah melenceng dari nilai budaya yang ada.
"Tentu perusakan akan diperbaiki oleh pemerintah daerah, tapi saya pikir kita harus memberikan pembelajaran, budaya boleh jalan tetapi tidak boleh melanggar rambu-rambu hukum," kata Fakhiri.
Proses hukum tersebut masih menunggu tanggapan dari istri Almarhum Klemen Tinal, Yolanda Tinal.
"Apa lagi ini dalam duka, jadi kita harus paksa masyarakat untuk berperilaku yang baik. Tapi ini tergantung pada Ibu, kalau dia keberatan maka akan kita proses," kata Fakhiri.(*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Uang Rp 6 Miliar dan Jam Rolex Hilang Saat Perusakan Rumah Wagub Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved