Breaking News:

Sebut Pancasila Belum Terimplementasi dari Sabang-Merauke, Mahasiswa Papua: Jangan Hanya Rayakan

Mahasiswa Papua dan Papua Barat menilai hingga kini Pancasila belum terimplementasi secara menyeluruh di Indonesia.

Penulis: Safwan Ashari Raharu
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Lyceum.id
Bendera Indonesia, Sang Saka Merah Putih - Mahasiswa Papua dan Papua Barat menilai hingga kini Pancasila belum terimplementasi secara menyeluruh di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM - Di Hari Pancasila 1 Juni 2021, Mahasiswa Papua dan Papua Barat menilai hingga kini Pancasila belum terimplementasi secara menyeluruh di Indonesia.

Mahasiswa asal Papua, Erwin Kuban (23) melihat, hingga kini Pancasila belum terimplementasi dari Sabang sampai Merauke.

"Kondisi Indonesia saat ini berkembang tidak sesuai dengan amanah Pancasila itu sendiri," ujar Erwin, kepada Tribun-Papua.com, Selasa (1/6/2021).

Baca juga: 2 dari 11 Terduga Teroris Merauke Ternyata Telah Disiapkan untuk Lakukan Aksi Bom Bunuh Diri

Hingga kini, pihaknya belum melihat secara jelas implementasi dari nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial, yang dijalankan di Papua bahkan Indonesia.

"Pancasila hingga hari ini belum terealisasi secara menyeluruh di kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," ucap Mahasiswa asal Papua itu.

"Dia hanya secara wujud ada dan sering dibicarakan, namun hingga kini belum terealisasi secara langsung di masyarakat," lanjutnya.

Harapan Erwin, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), harus benar-benar memaknai Pancasila sehingga ketika bertindak sudah seirama dengan apa yang telah terkandung didalamnya.

Selain itu, Mahasiswa asal Papua Barat, Silas Kalasuat menambahkan, terkait dengan hari Pancasila, pihaknya belum melihat praktek langsung dan menyentuh kepada masyarakat.

Baca juga: Kepala BPKAD Mamberamo Raya Ditahan atas Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19 Sejumlah Rp 3,1 Miliar

"Kita lihat masih ketidak adilan, mulai dari kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan, yang belum merata di seluruh Indonesia," tutur Silas, saat dihubungi Tribun-Papua.com, melalui sambungan telepon.

"Jangan hanya merayakan hari Pancasila, kita harus melihat kembali, apakah sudah terimplementasi atau belum?," ungkap Silas.

Silas melihat, mulai dari Sabang hingga Merauke 5 poin yang ada dalam batang tubuh Pancasila belum terimplementasi.

"Kita ingin kedepannya para pelayan (Pemerintah) harus benar-benar menjalankan amanah yang ada dalam Pancasila secara menyeluruh," imbuhnya.

(*)

Berita Papua lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved