Breaking News:

PON XX Papua

Target Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano: Ibu Kota Papua Sudah Bebas Covid-19 sebelum PON XX Mulai

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menargetkan, sekitar bulan Juni dan Juli 2021 mendatang, kasus Covid-19 di Jayapura sudah di bawah 20 kasus.

Editor: Claudia Noventa
Tribun-Papua
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, kala memberi sambutan resmi di Kompleks Balai Kota, Kelurahan Entrop, Kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Kamis (2/6/2021) pagi. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menargetkan ibu kota provinsi Papua ini sudah masuk zona hijau Covid-19 sebelum pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Oktober 2021 mendatang.

Dia menargetkan, sekitar bulan Juni dan Juli 2021 mendatang, kasus Covid-19 di Jayapura sudah di bawah 20 kasus.

"Kasus konfirmatif sudah terus turun. Kini kasus positif sisa di dua kelurahan masuk zona merah, Yabansai dan Kelurahan Hedam (Distrik Heram/Waena)," kata Benhur, kala memberi sambutan resmi di Kompleks Balai Kota, Kelurahan Entrop, Kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Kamis (2/6/2021) pagi.

Baca juga: 2 Kelurahan di Kota Jayapura Masuk Zona Merah Covid-19

Baca juga: Kepala BPKAD Mamberamo Raya Ditahan atas Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19 Sejumlah Rp 3,1 Miliar

Optimisme Benhur soal penanggulangan Covid-19 ini diungkap saat mengingatkan pentingnya kewaspadaan 50 anggota dan official Kafilah Kota Jayapura ke ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke-26 Tingkat Provinsi Papua di Entrop, Jayapura, 3-6 Juni 2021.

Dalam event itu, wali kota didampingi Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura Abdul Hafid Jusuf, dan Ketua Kafilah STQ Jayapura Abdul Madjid.

Wali Kota mengungkapkan dari 25 Kelurahan/15 kampung di 5 distrik Kota Jayapura, hingga awal Juni 2021, Jayapura tercatat sisa 98 pasien terkonfirmasi.

Total kasus terkonfirmasi sejak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mewabah di Jayapura, pada April 2020 lalu, tercatat 9021 kasus.

"Tingkat kesembuhan pasien kita sudah 96,6%, ini termasuk tertinggi di Indonesia," ujarnya.

Sehingga, optimisme wali kota dua periode ini juga merujuk tren jumlah kematian akibat Covid-19 dalam 14 bulan terakhir, yakni 128 mortalitas.

Baca juga: Update Virus Corona di Papua dan Papua Barat Rabu, 2 Juni 2021: Total Kasus hingga 29.791

Kasus terakhir tercatat satu kematian keluarga Imam Masjid di kawasan perumnas di Waena, pada akhir Mei 2021 lalu.

"Sekarang masih ada 98 orang dirawat dari tujuh rumah sakit rujukan. Terbanyak 6 pasien di RS Dian Harapan, rumah sakit lain, ada empat, dua tiga, dan ada yang kosong," ujar mantan Kepala Dispenda Kota Jayapura itu.

Wali kota Benhur juga mengungkap, pekan lalu, satgas Covid-19 kota Jayapura terpaksa menutup sementara satu masjid di kawasan pemukiman padat di selatan kota, menyusul Imam Masjid, istri, dan anaknya terpapar Covid-19.

"Kita lockdown dulu sementara, hingga semua kita karantina dan swab antigen. Karena info terakhir ada yang meninggal dunia," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved