Breaking News:

Video Viral Warga Mengais dari Kubangan Air Pipa yang Bocor, Pihak PDAM: Sudah Kami Perbaiki

Dalam video yang berdurasi 30 detik itu terlihat warga mengambil air menggunakan gayung dari kubangan air yang bersumber dari bocornya pipa PDAM.

Editor: Claudia Noventa
Screenshot
Tangkapan layar video viral warga Saptosari, Gunungkidul mengais air dari pipa PDAM yang bocor. Pemkab Gunungkidul menjelaskan, air yang bocor itu sengaja dimanfaatkan warga daripada terbuang percuma, bukan karena mengalami kekeringan. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan warga mengambil air dari pipa bocor di Kapanewon Saptosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Video yang kini viral tersebut pertama kali diunggah akun Instagram @beritainaja.

Dalam video yang berdurasi 30 detik itu terlihat warga mengambil air menggunakan gayung dari kubangan air yang bersumber dari bocornya pipa PDAM.

Bahkan, para warga terlihat membawa jeriken untuk menampung air bersih.

"Pipa yang dilaporkan bocor tersebut sudah kami perbaiki kemarin," kata Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Toto Sugiharta saat dihubungi wartawan, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Fakta Viral Video Syur di Bali, 2 WNA Ternyata Telah Tinggalkan Indonesia dan Sisanya Masih Dicari

Baca juga: Viral Harga 2 Porsi Mi Rebus Rp 54 Ribu, Pemilik Warung Dipuncak Ngaku Ngantuk: Harusnya Rp 36 Ribu

Dijelaskan, pipa yang berada di Jalan penghubung Kalurahan Kanigoro dan Krambil Sawit tersebut sering mengalami kerusakan, bahkan sudah beberapa kali diperbaiki.

Kerusakan ini karena material pipa berbeda antara satu pipa dan pipa lainnya.

Adapun bahan pipa galvanis atau baja dan HDPE atau plastik bertekanan, keduanya dihubungkan oleh coupler (cincin penghubung).

"Coupler-nya mudah lepas sehingga menyebabkan kebocoran tersebut," kata Toto

Untuk perbaikan, pihaknya sudah menggunakan pipa jenis PVC sehingga bisa dipastikan kecil kemungkinan terjadi kebocoran lagi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved