Breaking News:

Pesawat Tempur F-16 Didatangkan untuk Latihan TNI Angkatan Udara dengan United States Air Force

Latihan bersama akan digelar oleh TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF).

Editor: Claudia Noventa
AFP/SAM YEH
Pesawat Jet tempur F-16 Viper buatan Amerika Serikat. - ILUSTRASI, Latihan bersama akan digelar oleh TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Latihan bersama akan digelar oleh TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF).

Latihan bersama itu akan digelar di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, pada Senin (14/6/2021).

Selain itu diketahui, latihan bersama dengan sandi “Cope West 2021” melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari kedua negara.

"Hari ini sejumlah personel dan peralatan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin, sementara untuk pesawat F-16 akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan, dan diagendakan latihan bersama ini akan dibuka secara resmi pada hari Senin mendatang (14/6/2021)," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Kronologi TNI Ditembak saat di Mobil bersama Istri, Tiba-tiba Dipepet Kendaraan lalu Lepas Tembakan

Baca juga: Viral Sopir Truk Tak Mau Beri Jalan saat Alutsista TNI Lewat: Saya Muatan Berat Tidak akan Minggir

Baca juga: Kontak Senjata di Bandara, TNI-Polri Tembak Paha Anggota KKB Lekagak Telenggen yang Sembunyi

Ia menjelaskan, latihan bersama Cope West 2021 merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16.

Selain itu, agenda ini juga sekaligus untuk menambah ilmu pengetahuan hingga wawasan.

"Dan saling berbagi pengalaman antar personel penerbang dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua Angkatan Udara," kata Indan.

Selain bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel kedua Angkatan udara, latihan bersama ini juga menjadi ajang dalam meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara, khususnya TNI AU dan USAF.

Rencananya, latihan bersama Cope West 2021 akan berlangsung selama dua minggu.

"Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 termasuk para personel dari USAF melaksanakan isolasi sebelum melaksanakan latihan," imbuh dia.(*)

 Berita terkait lainnya

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved