Breaking News:

PON XX Papua

Sebut 3 Hal yang Bisa Buat PON XX Papua Sukses, Rektor Uncen: Ini Kepercayaan yang Sangat Besar

Apolo Safanpo mengungkapkan ada tiga hal untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) sukses, yaitu dari penyelenggaraan, prestasi dan administrasi.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Tribun-Papua.com, Roy Ratumakin.
Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT saat memberikan keterangan pers, Rabu (9/6/2021). Apolo berharap, PON XX Papua sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, dan administrasi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Roy Ratumakin

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Apolo Safanpo mengungkapkan ada tiga hal untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) sukses, yaitu dari penyelenggaraan, prestasi dan administrasi.

Ia pun mengharapkan  pelaksanaan PON XX Papua yang akan digelar pada Oktober 2021 nanti, akan sukses.

"Persiapan hingga pasca-PON terlaksana dengan baik, itu soal sukses peyelenggaraan," kata Apolo, Rabu (9/6/2021) kepada Tribun-Papua.com di ruang kerjanya.

Baca juga: Rektor Uncen: PON XX Papua Harus Sukses Penyelenggaraan, Prestasi dan Administrasi

Dikatakan, untuk sukses prestasi, maksimalnya Papua bisa meraih juara umum atau minimal masuk dalam lima besar klasemen perolehan medali.

"Kalau sukses administrasi meliputi proses laporan pertanggungjawaban keuangan tidak ada masalah, atau pelaporannya sesuai dengan peruntukannya," kata mantan dekan Fakultas Teknik Uncen tersebut.

Terlepas dari itu, Apolo pun mengajak seluruh masyarakat Papua mensyukuri kepercayaan Negara kepada Papua sebagai tuan rumah olahraga empat tahunan tersebut.

"Ini kepercayaan yang sangat besar dan sangat penting karena PON tidak dilaksanakan setiap tahun tetapi empat tahun sekali," katanya.

Baca juga: Sebut PON XX Papua Era Kebangkitan Olahraga di Ufuk Timur Indonesia, Kenius Kogoya: Sejarah Mencatat

Kalau penyelenggaraan PON secara bergiliran, kata Apolos, maka setiap provinsi butuh 100 tahun lebih untuk menjadi tuan rumah.

"Itu kalau digilir pelaksanaannya," tukasnya.

Pelaksanaan PON ini juga, menurut pria asal Kabupaten Asmat tersebut adalah sebuah trigger (pemicu) percepatan pembangunan infrastruktur.

"Pembangunan jalan, venue olahraga, penginapan secara masif. Tujuannnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Apolo.

Berita PON XX Papua lainnya

(Tribun-Papua.com)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved