Breaking News:

PON XX Papua

Persiapan PON XX Papua 2021, Ada 4 Arena hingga Pesan Khusus Kementerian PUPR untuk Pemprov

Keempat arena itu adalah akuatik dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur.

Editor: Claudia Noventa
TribunPapua.com/stevanus remere
VENUE PON XX - Terowongan penyeberangan jalan di Gedung Olahraga Cenderawasih dan Mal Jayapura di Jl Dr SAM Ratulangi, Kota Jayapura, Senin (7/6/2021). GOR tertua di Papua ini akan jadi salah satu venue cabang olahraga tinju PON XX Papua 2021. 

TRIBUN-PAPUA.COM- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi menyerahkan pengelolaan empat arena olahraga kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, Kamis (10/06/2021).

Keempat arena itu adalah akuatik dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, kegiatan serah terima pengelolaan dilakukan agar venue yang tuntas dibangun dapat segera dimanfaatkan.

“Saya menitipkan pesan kepada rekan-rekan Pemprov Papua untuk menjaga, merawat, dan mengelola seluruh aset yang telah diserahterimakan ini dengan sebaik-baiknya,” tutur Diana dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/06/2021).

Baca juga: 4 Venue PON XX Diserahkan Kementerian PUPR kepada Pemprov Papua

Baca juga: Sebut 3 Hal yang Bisa Buat PON XX Papua Sukses, Rektor Uncen: Ini Kepercayaan yang Sangat Besar

Setelah PON XX Papua usai, Pemprov Papua diizinkan menggunakan venue untuk kegiatan turnamen olahraga, baik tingkat provinsi maupun nasional.

Misalnya, Istora Papua Bangkit bisa dipakai untuk menggelar konser musik usai Pandemi Covid-19. 

Dia berharap, seluruh infrastruktur yang telah dibangun tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan prestasi atlet Papua, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Bumi Cendrawasih itu. 

Pembangunan prasarana olahraga sebagai dukungan penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 merujuk pada amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017.

Dalam hal ini, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya pada Desember 2018 mulai membangun arena akuatik sebesar Rp 401 miliar.

Arena ini dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang dilengkapi fasilitas kolam renang sesuai standar Federation Internationale de Nation (FINA) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga renang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved