Breaking News:

PON XX Papua

Soal Polemik Anggaran PON XX, KONI: Saya Sudah Datang ke Papua dan Menyelesaikan

KONI yakinkan PON Papua tetap digelar, meski sempat alami penolakan dari pemerintah daerah Jayapura dan Mimika.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
TribunPapua.com/stevanus remere
VENUE PON XX - Terowongan penyeberangan jalan di Gedung Olahraga Cenderawasih dan Mal Jayapura di Jl Dr SAM Ratulangi, Kota Jayapura, Senin (7/6/2021). GOR tertua di Papua ini akan jadi salah satu venue cabang olahraga tinju PON XX Papua 2021. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tetap digelar, meski sempat alami penolakan dari pemerintah daerah Jayapura dan Mimika 

Marciano mengatakan mengatakan kota Jayapura sudah mulai kembali melanjutkan persiapan, dan komunikasi dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng pun terus dilakukan.

Hal itu diungkapkan seusai melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

“Saya sudah datang ke Papua dan menyelesaikan masalah ini. Untuk Kota Jayapura sudah berjalan mengikuti arahan,” kata Marciano dalam jumpa pers virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Persiapan PON XX Papua 2021, Ada 4 Arena hingga Pesan Khusus Kementerian PUPR untuk Pemprov

“Untuk Mimika, kami sudah berbicara dengan pak bupati. Kami dengarkan keinginan beliau, dan masalah yang muncul saat pertemuan dengan PB PON sudah kami komunikasikan, dan insya allah, semua berjalan kembali,” tambahnya.

Marciano menjelaskan akar permasalahan yang menyebabkan munculnya penolakan tuan rumah PON Papua adalah ketidakpastian pencairan anggaran dari PB PON.

Menurut dia, Sub PB PON di empat klaster hingga saat ini belum menerima kejelasan terkait anggaran dari PB PON, sementara pemerintah daerah sudah banyak menggelontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur dan venue pertandingan pesta multiajang nasional tersebut.

“Ada perdebatan masalah anggaran yang belum cocok. Anggaran Kabupaten Mimika nanti didukung, tetapi tahapannya menunggu aliran dari APBD dan APBN. Namun kami mendengarkan keluhan itu dan menyampaikannya ke Kemenpora,” tutur Marciano.

Lebih lanjut, eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu memastikan masalah terkait anggaran akan segera dituntaskan sehingga persiapan PON Papua tetap optimal.

“Keberhasilan PON Papua bukan hanya harga diri Papua, tapi bangsa Indonesia. Jadi kita berkepentingan menyelesaikan masalah-masalah ini sehingga tidak menyulitkan semuanya,” tutup Marciano.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng pada Selasa menegaskan pihaknya menghentikan seluruh persiapan menghadapi PON Papua sampai PB PON memberikan kepastian menyangkut anggaran pesta olahraga empat tahunan itu.

Kabupaten Mimika telah mengusulkan anggaran sekitar Rp500 miliar hingga Rp700 miliar, namun hanya terealisasi Rp78 miliar.

"Kami akan bergerak kembali setelah ada informasi berapa hak yang diperoleh atau diberikan kepada Kabupaten Mimika, apakah sesuai dengan kebutuhan Mimika atau tidak. Selama itu belum ada, semua aktivitas akan dihentikan," ucap Eltinus di Timika.

Berita PON XX Papua lainnya

(Antara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved