Breaking News:

KESEHATAN

Mengenal Penyebab, Gejala, dan Penanganan Malaria di Papua

Banyaknya daerah rawa dengan genangan air yang kurang diperhatikan menyebabkan tingginya kasus malaria di Papua

Penulis: Merry Rumbino | Editor: Musa Abubar
freepik.com
ilustrasi nyamuk 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Merry Rumbino

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kurangnya kesadaran kebersihan lingkungan serta banyaknya daerah rawa di Provinsi Papua, menyebabkan tingginya kasus malaria di wilayah tersebut.

Papua merupakan provinsi di ujung timur Indonesia dengan letak georgrafis dekat dengan khatulistiwa sehingga beriklim tropis sepanjang tahun.

Salah satu dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Cenderawasih Jayapura, dr Elieser kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Senin (14/6/2021) menjelaskan, kebanyakan rawa ada genangan air di dalamnya menjadi tempat tinggal serangga seperti nyamuk.

Dia mengatakan, misalnya nyamuk anoples, nyamuk ini menyebarkan parasit (kuman) bernama Plasmodium. Jika nyamuk anopeles menggigit orang yang pernah sakit malaria lalu menggigit orang sehat maka otomatis orang itu akan sakit malaria.

Lanjut dia, nyamuk Anoples sebagai penyebar kuman dari satu orang ke orang lain. Plasmodium inilah yang menyebabkan penyakit malaria.

Penyakit malaria ditandi dengan gejala panas, menggigil(demam) dan berkeringat atau istilah medisnya disebut Trias Malaria.

Malaria juga akan menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti anemia, sakit ginjal bahkan kematian, jika tidak ditangani secepatnya.

"Sebab kuman penyebab malaria walaupun kecil namun ia bekerja cepat dalam tubuh manusia. Plasmodium yang ada di dalam tubun manusia akan dengan cepat menyerang sel darah merah," katanya.

Menurut dia, kuman seperti plasmodium dan kuman lainnya memiliki berbagai ukuran dan tidak dapat terlihat secara kasat mata, hanya dengan pemeriksaan darah di laboratorium, kuman penyebab malaria akan diketahui.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved