Breaking News:

HUKUM

11 Penumpang KM Sinabung Tidak Kantongi Tiket dan Surat Bebas COVID-19

Sebanyak 11 orang penumpang terpaksa diturunkan secara paksa dari atas kapal karena tak memiliki tiket dan surat kesehatan COVI-19

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Suasana penumpang turun dari atas kapal di Pelabuhan Jayapura 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Sebanyak 11 penumpang terpaksa diturunkan secara paksa dari atas Kapal Motor (KM) Sinabung, Kamis (17/6/2021) karena tak mengantongi tiket dan surat keterangan bebas Covid-19.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura, Iptu Rischard Rumboy kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Sabtu (19/6/2021) mengatakan, pihaknya telah mengintensifkan pengamanan di pelabuhan laut kota setempat.

"Ya, kami memang sedang gencar-gencarnya melakukan pengawasan di pelabuhan, termasuk pemeriksaan di atas kapal," kata Rischard.

Rischard menyebutkan, 11 penumpang liar yang tak memiliki tiket di atas kapal itu hendak berangkat dari Jayapura ke Nabire.

Dia menjelaskan, belasan penumpang tersebut, sebagian di antaranya mahasiswa.

Menurut dia, kebanyakan dari mereka beralasan ada urusan keluarga dan keperluan mengambil ijazah, sehingga tidak sempat membeli tiket saat naik ke atas kapal.

Baca juga: Usai KM Labobar, Giliran KM Ciremai Bawa 15 Penumpang Positif COVID-19 ke Kota Jayapura

Selain 11 penumpang liar itu, kata dia, pihaknya juga mengamankan tiga orang terduga pencuri atau penjambret.

"Kami mengamankan 3 orang pemuda yang diduga mencuri di atas kapal berdasarkan kesaksian korban yang juga merupakan salah satu penumpang," ujarnya.

Dia mengatakan, ketiga orang itu dilaporkan mencuri tetapi tidak ditemukan barang setelah menjalani pemeriksaan polisi.

Rischard yang baru menjabat sebagai Kapolsek KPL Pelabuhan Laut Jayapura per 11 Juni 2021 itu, mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti aturan yang ada, dan tertib selama berada di atas kapal.

Ia menambahkan, polisi tidak segan memproses penumpang yang tak mengantongi tiket atau siapapun yang berbuat onar di atas kapal. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved