Breaking News:

KKB Papua

Ngaku Tak Kenal Tersangka Jual Beli Senjata Api Ilegal, Sonny Wanimbo Bantah Jadi Donatur KKB

Kasus tersebut awalnya mencuat setelah penangkapan Ratius Murib alias Neson Murib yang merupakan tersangka jual beli senjata api ilegal.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
istimewa
Pelaku penjualan senjata api dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), diamankan Polres Kabupaten Puncak Jaya, Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua DPR Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo, mengaku tidak mengenal tersangka jual beli senjata api ilegal.

Sonny Wanimbo membantah secara tegas, terkait tudingan yang mengatakan dirinya menjadi donatur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Kasus tersebut awalnya mencuat setelah penangkapan Ratius Murib alias Neson Murib yang merupakan tersangka jual beli senjata api ilegal.

Baca juga: Seorang Jurnalis Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal, Jasad Ditemukan 300 Meter dari Rumahnya

Baca juga: Rakyat Tolikara Minta Polri Buktikan Tudingan terhadap Sonny Wanimbo Sebagai Donatur KKB Papua

Ketua DPRD Tolikara, Sonny Wanimbo (tengah)
Ketua DPRD Tolikara, Sonny Wanimbo (tengah) (KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)

"Ketemu saja tidak pernah, apalagi mau transfer. Dia (tersangka) orang Puncak Jaya sementara saya orang Tolikara. Bilang saya teman kuliah? gimana ceritanya saya kuliah di Jakarta, dia di Bali," ujar Sonny di Jayapura, Sabtu (19/6/2021).

Ia pun menegaskan siap dipanggil oleh penyidik Polda Papua untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Namun, Sonny menganggap informasi yang menyebut ia menjadi penyumbang dana bagi KKB yang telah beredar di media merupakan pembunuhan karakter.

"Kalau ada surat pemanggilan, saya siap," kata dia.

Baca juga: Betty Togodly Nilai Gebyar PON XX 2021 Minim Promosi ke Warga Papua

Baca juga: NasDem Papua Siapkan Pembelaan atas Tudingan Sonny Wanimbo Pemasok Senpi ke KKB

Sementara itu Kuasa Hukum Sonny Wanimbo, Aloysius Renwarin menambahkan, pihaknya siap mendampingi kliennya jikalau nantinnya ada proses hukum di kepolisian

"Lebih dari 100 pengacara siap mendampingi, kita akan ambil langkah hukum setelah ini," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Tugas Operasi Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib pada Senin (14/6/2021).

Neson diduga bagian dari jaringan penjual senjata api dan amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memastikan Neson Murib merupakan anggota KKB Numbuk Telenggen yang merupakan kelompok sempalan Lekagak Telenggen.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ketua DPRD Tolikara Bantah Jadi Donatur KKB: Ini Pembunuhan Karakter

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved