Breaking News:

PON XX PAPUA

Siapkan 51 Ribu Merchant QRIS, BI Papua Berharap Uang Saku Atlet dan Ofisial PON XX Tidak Lagi Cash

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua berharap PB-PON, KONI, dan KOI tak lagi memberikan uang cash kepada atlet dan ofisial. Tetapi pakai QRIS.

Penulis: Merry Rumbino | Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Tangkapan Layar
MANFAAT PON XX - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga menjelaskan dampak penyelenggaraan PON XX bagi perekonomian masyarakat Papua, saat launching virtual Tribun-Papua.com, pekan lalu. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Merry Rumbino

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Penyelenggaran PON XX dinilai jadi momen ideal untuk mengintervensi penggunaan transksi non-tunai di Papua dan Papua Barat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga berharap otoritas penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) 33 provinsi ikut mengimpelementasikan penggunaan uang elektronik dan sistem transaksi non-tunai di PON, Oktober mendatang.

“Saya berharap, ketua KONI, gubernur tak lagi berikan uang saku cash ke atlet dan official PON Papua, tapi pakai Q-RIS,” ujarnya dalam webinar launching Tribun-Papua.com, akhir pekan lalu.

Baca juga: Ini Daftar Venue PON XX Papua yang Sudah Rampung Dibangun

Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura yang digunakan untuk PON XX 2021
Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura yang digunakan untuk PON XX 2021 (Dokumen PLN)

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS, dibaca kris) adalah teknologi pembayaran digital yang dilaunching sejak 2020 lalu.

Jumlah penggunanya di Indonesia diklaim sudah mencapai 5,14 juta, hingga semester kedua 2021.

Data dari PB PON XX mulai September hingga akhir Oktober 2021, setidaknya ada 6.496 atlet, 3.248 official, 60 tecnical delegate, dan sekira 20.000 penggembira dan suporter yang akan datang ke empat gugus venue PON.

Hingga pekan ketiga Juni 2021, otoritas Keuangan wilayah Papua ini mengklaim, pada seremoni pembukaan PON XX Papua, 2 Oktober 2021 mendatang, merchant QRIS yang tersedia di Papua sudah mencapai 51 ribu.

Merujuk data paparan BI Papua, hingga pertengahan Juni 2021 sudah tersedia 28.866 merchant Q-RIS di pulau berpenduduk sekitar 4,38 juta jiwa ini.

Sekitar 20 ribu merchants, atau 83%-nya tersedia di empat gugus venue PON XX; Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika/Mimika dan Merauke.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved