Breaking News:

KESEHATAN

Dibalik Rasa Pahit, Pare Miliki Segudang Nutrisi dan Kaya Manfaat

Sayur pare rasanya rasanyan pahit dan banyak orang tak menyukai sayur itu, namun dibalik sayur itu memeiliki segudang nutrisi dan kaya manfaat

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Musa Abubar
Tribunnews.com
PARE - Seorang warga mengatur sayur pare 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Banyak orang mungkin tak menyukai sayur pare karena rasanya yang pahit, namun menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Pare mengandung nutrisi. Di Indonesia, memiliki nama latin momordica charantia ini biasa diolah sebagai bahan makanan.

Pare sering disebut ‘paria’ dikenal sebagai tanaman herbal karena buah, daun, biji, dan akar. Buahnya bermanfaat untuk menurunkan demam. Buah pare mengandung charantin dan alkaloid pahit yakni momordisin.
Mengobati diabetes. Pare disebut-sebut sebagai anti diabetes.

Selain mengobati demam dan diabetes, pare juga ampuh sebagai obat cacing, antikanker, sariawan, obat jerawat, dan obat sembelit.

Baca juga: Bisa Dicoba, Ini 12 Jus Sayur yang Bisa Bantu Diet

Ekstrak pare memiliki efek antihelmintik yang ampuh melawan cacing. Tidak hanya buahnya, daun pare juga berkhasiat menurunkan demam.

Selain itu, pare juga ampuh melancarkan pencernaan serta meredakan kembung. Akarnya bisa diolah sebagai obat tradisional.

Sudah lama pare dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam bahasa Inggris disebut bitter melon ini kaya akan nutrisi.

Pare mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, dan folat.

Selain itu, kayak akan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium, fosfor, serta karbohidrat, antioksidan, dan serat.

Pare, segudang nutrisi dan kaya manfaat.
Pare, segudang nutrisi dan kaya manfaat. (Pixabay)

Pare dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti streptobaccilus, ecoli, salmonella, staphylococcus aureus, dan pseudomonas.\

Baca juga: Daftar 12 Jus Sayur yang Bisa Bantu Diet, Jus Mentimun hingga Labu Air

Tak hanya itu, bisa menurunkan resiko kangker. Melalui ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara dan meningkatkan jumlah kematian sel kanker.

Hal ini tentu masih dalam tahap penelitian lebih lanjut oleh para pakar kesehatan. Namun nyatanya dibalik manfaat pare, kita perlu memperhatikan waktu untuk mengkomsumsi sayur tersebut.

Pasalnya jika dimakan secara berlebihan atau terus menerus, kurang baik untuk kesehatan. Jenis sayuran ini tak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui, karena zat aktif di dalamnya bisa ditransfer pada bayi melalui air susu ibu (ASI). (Sumber : Kompas.com). (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved