Breaking News:

PENDIDIKAN

Update Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka Jayapura

Kampus UT yang beralamat di Jalan SPG Teruna Bakti, Perumnas 2 Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua masih menerima calon mahasiswa.

Penulis: Merry Rumbino | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Merry Rumbino
UNIVERSITAS TERBUKA - Proses penerimaan mahasiswa di kampus Universitas Terbuka (UT) Jayapura secara offline, Jumat (25/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Merry Rumbino

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Universitas Terbuka (UT) Jayapura membuka pendaftaran mahasiswa baru sejak 13 Februari hingga 11 Agustus 2021.

Saat ini, Kampus UT Jayapura yang beralamat di Jalan SPG Teruna Bakti, Perumnas 2 Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua masih menerima calon mahasiswa yang ingin mendaftar.

Pendaftaran bisa diakses melalui cara offline dan online. Secara online calon mahasiswa bisa membuka website UT yaitu www.ut.ac.id atau https://sia.ut.ac.id.

Baca juga: Calon Rektor Uncen Dr Janviter Manalu: Saya akan Tambah Sarpras Kampus dan Rekrut 150 Dosen

Sedangkan proses pendaftaran offline, mahasiswa bisa langsung ke bagian akademik kampus.

Persyaratan umum pendaftaran mahasiswa baru untuk Jenjang Studi S1 ialah Ijazah SMA yang legalizir, Pas foto 3x4 (2 lembar) dan 4x6 (1 lembar), meterai 6000 (1lembar), dan fotocopy KTP.

Biaya pendidikan bervariasi sesuai jurusan yang dipilih. Sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) Skema Sistem Paket Semester (Sipas) mulai dari Rp 1.300.000 sampai Rp 3.300.000 persemester.

Sementara itu SPP Non Sipas mulai dari Rp 35.000/Sistem Kontrak Semester (Sks) sampai  Rp 55.000/Sks untuk itu mahasiswa diwajibkan mengambil 24 Sks.

UT memiliki empat Fakultas yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

UNIVERSITAS TERBUKA - Proses penerimaan mahasiswa di kampus Universitas Terbuka (UT) Papua secara offline, Jumat (25/6/2021).
UNIVERSITAS TERBUKA - Proses penerimaan mahasiswa di kampus Universitas Terbuka (UT) Jayapura secara offline, Jumat (25/6/2021). (Tribun-Papua.com/Merry Rumbino)

Dari ke empat fakultas ini ada 13 Jurusan. Misalnya jurusan Ilmu Administrasi, ilmu komunikasi, akuntansi, pendidikan Matematika, dan beberapa jurusan lainnya.

Saat dikonfirmasi Tribun-Papua.com, Jumat (25/6/2021) staf penerimaan mahasiswa baru, Roosyiduana Perakin, mengatakan UT menerapkan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) sehingga memudahkan mahasiswa untuk berkuliah online dimanapun ia tinggal.

Kualifikasi mahasiswa tidak dibatasi, bisa saja termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), penguasa atau yang ingin melanjutkan kuliah lagi.

Kuliah di UT tidak terkendala ruang, waktu dan keterbatasan pendidikan.

"Mahasiswa akan kumpul pada saat ujian saja, tanggal ujian akan diinformasikan lewat email mereka masing-masing," ujar Roosyiduana. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved