Breaking News:

PENDIDIKAN

51 Anak Suku Marind Merauke, Ikuti Pembekalan Sebelum Kuliah di Rusia dan Amerika

51 anak asli Suku Marind, Merauke, nantinya akan dikirimkan ke Rusia dan Amerika serikat usai mengikuti pembekalan di Papua Language Institute (PLI)

Editor: Ridwan Abubakar Sangaji
TRIBUN-PAPUA.COM
KEBERANGKATAN - Suasana haru yang dirasakan peserta didik bersama keluarga di Bandar Udara Mopah Merauke, sesaat sebelum keberangkatan menuju Kota Jayapura guna pembimbingan di Papua Language Institute (PLI) 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Setelah dipersiapkan selama satu tahun untuk mengikuti pelatihan program persiapan studi luar negeri di Papua Language Institute (PLI) Jayapura, 51 anak asli Suku Marind, Merauke, nantinya akan dikirim ke Rusia dan Amerika serikat.

Abdiel F Tanias selaku Head of Media & Public Relation Papua Language Institute (PLI), 51 orang calon mahasiswa S1 ini, ialah orang-orang yang telah mengikuti seluruh proses seleksi pasca penandatanganan MoU 7 Mei 2021 lalu.

Baca juga: Isak Tangis Warnai Keberangkatan 51 Putra-putri Suku Marind di Bandara Mopah Merauke

“Calon mahasiswa S1 berjumlah 51 orang, sementara ada 13 orang calon mahasiswa pasca sarjana (S2), itu semua ikut pelatihan di PLI Jayapura selama 1 tahun,” ucapnya.

Abdiel juga menggambarkan kondisi kesedihan di Bandar Udara Mopah Merauke, dimana hampir semua orangtua beserta kerabat yang mengantar para siswa ke bandara menitikan air mata haru.

Baca juga: Klaster Merauke Siap Sukseskan PON XX Papua 2021

"Harapan orangtua mereka tentu, agar anak-anak mereka dapat berhasil dalam mengikuti program persiapan studi luar negeri," imbuhnya.

Kata dia, Sebelumnya Jum'at (25/6/2021) rombongan siswa kloter pertama telah diberangkatkan ke Jayapura, didampingi Tim PLI Merauke, Abinus Sama beserta keluarga.

Baca juga: Kapolresta Kombes Gustav: Tidak Mau Dibubarkan Secara Paksa, Jangan Demo

Menurut keterangan dari Abdiel, Abinus Sama, nantinya akan menjadi pendamping putra-putri Marind ini, selama proses belajar satu tahun di pusat studi PLI Jayapura.

Baca juga: Muncul Hoaks Ajakan Unjuk Rasa ke Kantor Gubernur Papua setelah Penunjukkan Dance Yulian Flassy

Ia pun menambahkan pesan Bupati Merauke Romanus Mbaraka, para peserta bisa mengikuti program tersebut dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Pesan Bupati, peserta didik yang telah terpilih, benar-benar memanfaatkan kesempatan ini, untuk meningkatkan kapasitas diri agar nantinya kembali dan membangun Merauke,” tuturnya.

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved