Breaking News:

PROFIL ATLET PAPUA

Raema Lisa Rumbewas, Peraih 3 Medali Angkat Besi asal Papua Dilatih sang Ibu

sang ibulah yang melatih Raema Lisa Rumbewas sebagai atlet angkat besi. Tak heran keluarga Rumbewas disebut sebagai perintis olahraga DI Papua

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
TRIBUN-PAPUA.COM
ANGKAT BESI - Sosok Raema Lisa Rumbewas (40) atlet Angkat Besi, perempuan asal Biak Papua yang telah tercatat meraih 3 medali di ajang olimpiade, dan perebut medali pertama bagi Indonesia untuk Cabang Olahraga (CABOR) Angkat Besi di Olimpiade Sydney 2000 

Reporter Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Raema Lisa Rumbewas (40), adalah atlet angkat besi asal Papua yang lahir di Jayapura 10 September 1980. Ia berasal dari keluarga atlet. Ayahnya yang bernama Levi Rumbewas, merupakan binaragawan terbaik Indonesia.

Sementara ibunya, Ida Korwa juga seorang lifter. Bahkan sang ibulah yang melatih Raema Lisa Rumbewas sebagai atlet angkat besi. Tak mengherankan jika keluarga Rumbewas disebut sebagai perintis olahraga angkat besi dan binaraga di Papua, sejak zaman Gubernur Irian Jaya, Acub Zainal.

Diketahui awal mula Lisa Rumbewas menekuni olahraga angkat besi mulai kanak-kanak. Lisa memang sangat didukung kedua orangtuanya untuk terjun sebagai atlet profesional angkat besi.

Rekam jejak prestasinya tak perlu diragukan lagi. Perempuan asli Biak Papua itu, tercatat sudah tiga kali mengikuti Olimpiade. Edisi Perdana tahun 2000 di Sydney, 2004 di Athena,Yunani serta terakhir 2008 di Beijing.

Update PON Papua: Sarana dan Prasarana Latihan untuk Atlet Sudah Siap 80 Persen

Dalam debut pertamanya di Olimpiade Sydney 2000, Lisa yang saat itu masih berusia 20 tahun meraih medali perunggu di kelas 48 kg dengan angkatan total 185 kg (snatch 80 kg dan clean & jerk 105 kg).

Kala itu, Lisa kalah dari Tara Nott asal Amerika Serikat. Capaian itu sekaligus membuat Lisa menjadi perebut medali pertama bagi Indonesia, di Olimpiade Sydney 2000.

Kemudian Lisa kembali meraih medali perak, pada Olimpiade di Athena Yunani 2004 silam, dan saat itu ia bertanding di kelas 53 Kilogram.

Berikan Anggaran Rp 108 Miliar ke Kota Jayapura, PB PON Papua: Memiliki Tanggung Jawab Cukup Besar

Ada Kemungkinan PON Papua Digelar Tanpa Penonton, KONI: Kami Ikuti Arahan Satgas Covid-19

Ketika momen itu, Lisa naik ke podium bersama Nurcan Taylan asal Turki, yang meraih medali emas, dan Aree Wiratthaworn asal Thailand, peraih perunggu.

Prestasi dan capaian yang telah diraihnya itu, membuat Lisa Rumbewas tercatat sebagai salah satu atlet angkat besi Indonesia yang menyumbang medali terbanyak, dalam ajang bergengsi sekelas Olimpiade.

Berkat tiga medali Olimpiade yang diraihnya, Lisa membuktikan rasa nasionalisme tinggi atlet asal Papua saat membawa nama Indonesia di kancah internasional. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved