Breaking News:

41 CPNS Non OAP Formasi 2018 di Kabupaten Lanny Jaya Dibatalkan, Ini Alasannya

MENPAN-RB menyetujui pengajuan pembatalan 41 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah non orang asli Papua yang mengikuti formasi 2018

Penulis: Hendrik Rikarsyo Rewapatara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Menpan RB melalui Kepala BKN Kanreg IX Jayapura Sabar P. Sormin,saat menyerahkan berkas CPNSD kepada Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur Kabupaten Lanny Jaya, Charles Wanimbo, Senin (28/6/2021) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN - RB) menyetujui pengajuan pembatalan 41 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah non Orang Asli Papua (OAP) formasi Tahun 2018.

Hal itu tekuak dalam pembenahan berkas CPNS daerah tahun 2018 yang diajukan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Daerah Kabupaten Lanny Jaya.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kabupaten Lanny Jaya, Semuel Yigibalom mengatakan peserta non OAP dan OAP yang nilainya rendah lalu melamar pada formasi umum tahun 2018 dibatalkan.

Samuel menyebutkan hal ini dilakukan setelah pengumuman kelulusan CPNS formasi 2018 di Lanny Jaya. Selanjutnya, 41 CPNS non OAP dibatalkan karena menuai protes.

Baca juga: Info CPNS 2021: Berikut Ini Instansi Pemerintah yang Buka Formasi untuk Lulusan SMA

Lantaran, kata dia, kala itu para pencaker bersama masyarakat Lanny Jaya protes, mereka menolak nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hasil kelulusan yang diumumkan tidak sesuai dengan quota yang diberikan oleh Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari total quota Formasi 2018 yang mendaftar sebanyak 584, 470 orang atau 80 persen untuk Orang Asli Papua dan 114 orang atau 20 persen formasi umum untuk non OAP.

Ribuan peserta mengikuti tes pertama CPNS Kemenkumham di Gor Patriot Kodam IV Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/10).
Ribuan peserta mengikuti tes pertama CPNS Kemenkumham di Gor Patriot Kodam IV Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/10). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Tapi, 27 persen diisi oleh non OAP dan73 persen diisi oleh OAP, meski demikian, hasilnya menimbulkan polemik di masyarakat.

Baca juga: CCTV Rekam Detik-detik Ibu dan Anak Tewas Ditabrak Mobil Oknum PNS, Ini Kronologinya

"Masyarakat Lanny Jaya menolak 41 orang non Orang Asli Papua yang sebenarnya ditempati Orang Asli Papua," kata Semuel Yigibalom kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Senin (28/6/2021).

Menurut dia, penolakan tersebut direspon oleh Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Yigibalom.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved