EKONOMI PAPUA

Naek Tigor Sinaga: Ekonomi Global Alami Pemulihan

Perekonomian global diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pada tahun 2021 sebesar 5,7% (yoy)

Editor: Roy Ratumakin
Bank Indonesia
TANGKAPAN LAYAR - Perekonomian ekonomi global akan mengalami pemulihan sejalan dengan akselerasi program vaksinasi yang dilakukan oleh berbagai negara. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga menjelaskan perekonomian ekonomi global akan mengalami pemulihan sejalan dengan akselerasi program vaksinasi yang dilakukan oleh berbagai negara.

“Perekonomian global diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pada tahun 2021 sebesar 5,7% (yoy),” kata Naek, Rabu (30/6/2021) dalam giat Bincang-Bincang Media (BBM) secara virtual.

Dikatakan, pemulihan ekonomi juga terus berlangsung di Indonesia. Meskipun saat ini masih mengalami kontraksi, namun tren kontraksi dalam tiga triwulan terakhir mengalami perbaikan.

Baca juga: Ini Syarat CPNS 2021 Jalur Khusus untuk Putra/Putri Papua

“Pada Triwulan I 2021, terdapat 10 provinsi yang mengalami pertumbuhan positif, termasuk Papua,” ujarnya.

Kata Naek, Papua mencatatkan pertumbuhan PDRB sebesar 14,28% (yoy) pada triwulan I 2021.

“Pertumbuhan tersebut masih didominasi oleh sektor pertambangan, sedangkan jika perhitungan PDRB dilakukan tanpa sektor tambang, perekonomian Papua pada triwulan I 2021 terkontraksi sebesar -3,76% (yoy),” paparnya.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan pada sektor non-tambang, kata Naek, terdapat 3 potensi pertumbuhan ekonomi alternatif yang dapat tumbuh dan menopang perekonomian Papua, yaitu Perikanan, Pertanian dan Pariwisata.

TANGKAPAN LAYAR - Perekonomian ekonomi global akan mengalami pemulihan sejalan dengan akselerasi program vaksinasi yang dilakukan oleh berbagai negara.
TANGKAPAN LAYAR - Perekonomian ekonomi global akan mengalami pemulihan sejalan dengan akselerasi program vaksinasi yang dilakukan oleh berbagai negara. (Bank Indonesia)

Masing-masing sektor memiliki pangsa PDRB antara 4,7%, 5,21% dan 7,7% sehingga pengembangan pada sektor tersebut dapat ikut mendorong pertumbuhan PDRB Non Tambang, Papua.

Tingkat inflasi yang ada di Papua juga masih terkendali dengan angka inflasi tahunan yang masih lebih rendah dibandingkan angka nasional.

“Tingkat inflasi Papua pada Mei 2021 tercatat sebesar 0,88% (yoy), lebih rendah dibandingkan tingkat inflasi Nasional yang sebesar 1,68% (yoy),” tukasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved