Breaking News:

PON XX Papua

Dinsos Jayapura Tampung ODGJ yang Berkeliaran, Benahi Sisi Sosial Kemasyarakatan Jelang PON XX

Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akan didata untuk dikembalikan ke rumah sakit jiwa.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Tribun-Papua.com
Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi SH MSI 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akan didata untuk dikembalikan ke rumah sakit jiwa.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi SH MSI mengatakan sesuai program Dinas Sosial di tahun 2021.

Saat ditemui Tribun-Papua.com Rabu (30/6/2021) di ruang kerjanya Kantor WaliKota Jayapura Jalan Balai Kota Entrop Distrik Jayapura Selatan, Irawadi mendata ada  47 orang dengan gangguan jiwa dalam d tengah berkeliaran di Kota Jayapura.

"Mereka ada yang menyebar di Distrik Jayapura Utara, ada yang di sekitar Taman Imbi, Dok V dan dan Kawasan Pasar Ampera," sebutnya.

Disinggung soal event PON XX 2021, dimana Kota Jayapura sebagai salah satu penyelenggara maka, Irawadi mengatakan pihaknya harus berbenah, salah satunya dari sisi sosial kemasyarakatan.

"Tidak dapat dipungkiri, isu-isu sosial seperti ini akan menjadi wajah Kota Jayapura, untuk itu akan diseriusi dengan mengembalikan mereka ke keluarga, atau rumah sakit jiwa" jelasnya.

Baca juga: 8.394 Personil Disebar di Tempat Pelaksanaan PON XX Papua

Baca juga: Sebanyak 175 Bus akan Disiapkan untuk Penyelenggaraan PON XX Papua 2021

Irawadi juga menambahkan, pihaknya sebenarnya sudah sejak lama menjangkau saudara-saudara, yang menurutnya kurang beruntung ini.

Hanya saja, ada beberapa dari mereka yang sudah dikembalikan ke keluarga, namun keluarganya menolak, sehingga itu menjadi persoalan.

Selain masalah orang terlantar dengan gangguan jiwa yang berkeliaran di Kota Jayapura, pihaknya juga menyoroti soal organisasi keagamaan, yang mempekerjakan anak di bawah umur, untuk meminta sumbangan ke pusat-pusat perbelanjaan.

Baca juga: Nilai Penyediaan Kondom pada PON XX Tak Masuk Akal, Ini Kritik Atlet Hoki Kristina Rumbiak

"Hal itu juga menjadi problem, pernah dilakukan komunikasi dengan organisasi agama yang pekerjakan anak-anak itu, hanya saja kendala ekonomi menjadi alasan," terangnya.

Terkait gelaran PON XX Papua 2021, Irawadi menghimbau kepada masyarakat Kota Jayapura, agar selalu bersikap ramah dan humanis terhadap tamu ataupun orang yang berkunjung di Kota Jayapura, sehingga tercermin masyarakat yang ramah.

(Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara)

Berita PON XX Papua lainnya

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved