Breaking News:

PRAKIRAAN CUACA

BBMKG Jayapura Prakirakan Tinggi Gelombang Selama 5-11 Juli 2021

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Papua meprakirakan gelombang tinggi terjadi selama sepekan

Editor: Musa Abubar
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Prakiraan Cuaca 22 Kota di Provinsi Papua Hari Ini Rabu (4/12/2019): Jayapura Hujan Lokal 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Papua meprakirakan gelombang tinggi terjadi selama sepekan yakni sejak 5-11 Juli 2021.

Berdasarkan data yang diterima dari BBMKG Jayapura sejak 5-7 Juli 2021 di Samudera Pasifik utara Jayapura, Samudra Pasifik utara Biak, Perairan Jayapura-Sarmi, Teluk Cenderawasih, dan Perairan Yos Sudarso diprakirakan kategori tinggi gelombang dengan kategori 0,25-1,25 meter.

Perairan Biak, Perairan Amamapere –Agats, Perairan Merauke, Laut Arafuru timur Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru selatan Merauke dengan kategori tinggi gelombang 1,25-2,50 meter, dan laut Arafuru Bagian Timur 2,50-4,00 meter.

Baca juga: BBMKG Jayapura Keluarkan Prospek Cuaca Sepekan di Papua

Selanjutnya, pada 8-11 Juli 2021 diprakirakan Teluk Cenderawasih, Perairan Merauke,Perairan Yos Sudarso, dan Perairan Agats Amamapare kategori gelombang tinggi 0,25-1,25 meter.

Samudra Pasifik utara Biak, Samudra Pasifik utara Jayapura, Perairan Biak, Perairan Jayapura Sarmi, dan Laut Arafuru timur Kepuluan Aru, kategori tinggi gelombang 1,25-2,50 meter. Kemudian, Laut Arafuru Selatan Merauke dan Laut Arafuru Timur Kepulauan Aru kategori tinggi gelombang 2,50-4,00 meter.

Baca juga: BBMKG Jayapura Ingatkan Siklon Tropis Surgie Sebabkan Peningkatan Pertumbuhan Awan Hujan

Kepala BBMKG wilayah V Jayapura, Cahyo Nugroho melalui keterangan tertulisnya menyebut pihaknya berharap warga memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran.

Baca juga: BBMKG Jayapura Minta Nelayan dan Nakhoda Kapal Waspadai Gelombang Tinggi

Perahu Nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter, Kapal Tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1.5 meter, kapal Ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Sementara untuk kapal berukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar, kecepatan angin lebih
dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

Baca juga: BBMKG Jayapura Pantau Bibit Siklon Tropis 94W, Warga Diminta Waspada

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Cahyo Nugroho.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved