Breaking News:

LAWAN COVID 19

Ekstra Kerja, 46 Petugas Medis RSUD Jayapura Terpapar Covid- 19

Akibat ekstra bekerja, sebanyak 46 orang petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Penulis: Nandi Tio G Effendy | Editor: Musa Abubar
(AFP/STR/CHINA OUT)
Pasien dengan gejala ringan virus corona COVID-19 diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas medis saat menjalani perawatan di sebuah pusat pameran yang diubah menjadi rumah sakit darurat di Wuhan, Hubei, China (17/2/2020). Data hingga Rabu (19/2/2020) ini, korban meninggal akibat virus corona di China sudah mencapai 2.000 orang setelah dilaporkan 132 kasus kematian baru. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Akibat ekstra bekerja, sebanyak 46 orang petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura dinyatakan positif terpapar Covid-19.

"Hari ini dilaporkan, terdapat dua orang dokter spesialis, enam dokter umum, delapan petugas penunjang serta 30 puluh perawat dinnyatakan positif," kata Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jayapura dr. Silwanus Sumule melalui zoom meeting, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Vaksinasi Masif Terus Dilakukan TNI, Pegawai Positif Covid-19 hingga Kasus Money Laundry

Menurut dia, kondisi tersebut dikarenakan seluruh elemen di rumah sakit rujukan tersebut bekerja sangat ekstra melebihi waktu operasional normal akibat melonjaknya pasien yang datang.

Silwanus menyebutkan para petugas medis yang terkonfirmasi diserang Covid-19 harus beristirahat sekitar 90 hari untuk dapat bekerja kembali.

Baca juga: Memasuki Tahun Ajaran Baru, SMA Teruna Bakti Waena Perketat Prokes Covid-19

"Tentunya mereka kami istirahatkan dan melakukan isolasi di rumah masing-masing dengan terus memantau kondisi kesehatannya," kata Silwanus yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua ini.

"Hal ini tentu saja membuat kami sangat kewalahan menangani para pasien Covid-19 yang mayoritas perawat disini," ujarnya.

Baca juga: Khairul Lie: PPKM Mikro Hari Kedua, Pasien Covid-19 Tambah 29 Orang di Kabupaten Jayapura

Hal tersebut mengakibatkan terganggunya pelayanan di rumah sakit milik pemerintah provinsi itu.

Kedepannya, kata dia, pasien yang datang berobat akan dibatasi, kecuali dalam kondisi darurat dan butuh penanganan khusus.

Dia menambahkan, semua rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Jayapura telah terisi penuh ditiap ruangannya.

Hal tersebut mengakibatkan sejumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura harus mendapatkan perawatan di luar gedung rumah sakit. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved