Breaking News:

SOSOK

Kisah Arkeolog Hari Suroto, Menelusuri Jejak Manusia Purba di Danau Sentani Papua

"Penemuan yang paling berkesan dan menjadi tolok ukur bagi saya, ialah temuan Kapak Perunggu dari Dongson Vietnam di Danau Sentani," kata Hari Suroto.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
SOSOK - Hari Suroto (40) seorang arkeolog yang telah bertahun-tahun, menelusuri Danau Sentani di Kabupaten Jayapura Papua, guna mengungkap peninggalan pra-sejarah manusia purba. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara   

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Arkeolog Hari Suroto telah melakukan berbagai penelitian pra-sejarah bertahun-tahun, guna mengungkap jejak peninggalan manusia purba, di Danau Sentani Papua.

Hal itu dilakukannya sejak 2010, dimulai dari menjajaki Danau Sentani bagian timur, tengah, hingga barat.

Saat ditemui Tribun-Papua.com Jumat  (16/7/2021) di Kampung Abar, Distrik Ebungfau, Kabupaten Jayapura, Hari menceritakan kisahnya menjelajah Danau Sentani, guna mengungkap peninggalan pra-sejarah.

Baca juga: Balai Arkeologi Papua Temukan Situs Megalitik Khulutiyau di Kampung Abar Sentani

"Penemuan yang paling berkesan dan menjadi tolok ukur bagi saya, ialah temuan Kapak Perunggu dari Dongson Vietnam di Danau Sentani," kesannya.

Dengan penemuan kapak perunggu yang disinyalir berasal dari Vietnam itu, Hari mengatakan, sebagai bukti aktivitas masyarakat di Danau Sentani, pada masa pra-sejarah tidak selamanya berada di danau.

"Bisa jadi jalur perdagangan masyarakat Danau Sentani, telah terjadi dengan orang luar kala itu," imbuhnya.

Pria yang bekerja sebagai peneliti di Balai Arkeologi Papua itu, juga mengatakan setiap penemuan benda-benda peninggalan pra-sejarah di dalam tanah, ialah sesuatu yang berharga.

"Berharga, karna memiliki nilai pra-sejarah," ucapnya.

Hari mengatakan, saat menemukan suatu benda, hal itu dapat mengungkap banyak hal, dan tidak selamanya soal arkeologi saja.

Baca juga: Balai Arkeologi Papua Lakukan Pelestarian Situs Megalitik Tutari Jayapura

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved