Breaking News:

Sosok

Kisah Taufiq Muhammad, 20 Tahun Dipercaya Jadi Penyembelih Hewan Kurban di Sentani

Taufiq Muhammad (43), pemuda asal Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merantau ke Papua sejak 2002, dan dipercaya menjadi penyembelih hewan kurban

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Taufiq Muhammad yang dipercaya menjadi penyembelih hewan kurban 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Taufiq Muhammad (43) ialah pemuda asal Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merantau ke Papua sejak 2002, dan dipercaya menjadi penyembelih hewan kurban.

Saat ditemui Tribun-Papua.com di sela-sela aktivitas menyembelih hewan qurban, Selasa (20/7/2021) di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Taufiq mengaku pekerjaan itu dilakukan tanpa pamrih dan imbalan dari pihak manapun.

"Saya ikhlas menjalani pekerjaan saya sebagai penyembelih hewan kurban, sebab ini sebagai bentuk ibadah, yang saya lakukan," katanya.

Baca juga: Tokoh Nasrani: Melalui Idul Adha 2021, Kerukunan Umat Beragama Dapat Terjalin

Lelaki yang juga Imam Masjid Agung Al-Aqsha Sentani itu, mengatakan dalam sehari ia bersama rekan-rekannya, mampu menyembelih 10 hingga 20 ekor sapi.

"Hal yang perlu dipersiapkan saat memulai proses penyembelihan tentunya, ialah alat sembelih berupa pisau maupun parang yang tajam," ujarnya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Anak dan Lansia Tak Diijinkan Ibadah Idul Adha di Masjid

Selama 20 tahun ia mengabdikan diri sebagai penyembelih hewan kurban di Masjid Agung Al-Aqsha, dan beberapa masjid lainnya di Kabupaten Jayapura.

Dia juga selalu menyuarakan semangat berkurban kepada kaum muslimin.

Baca juga: Idul Adha, Masjid Al Taqwa Padangbulan Jayapura Sembelih Enam Ekor Sapi

"Berkurban itu menjadi penting bagi seorang muslim yang mampu, bermakna berbagi dan kasih sayang antar sesama," katanya.

Taufiq selalu dipercaya oleh jamaah sebagai penyembelih hewan kurban, sebab kemampuannya menyembelih dengan teknik yang cepat.

Baca juga: Pengurus Masjid Raya Baiturrahim Jayapura Batasi Umat yang Shalat Idul Adha

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved