Breaking News:

Covid 19 Papua

Corona Varian Delta Sudah ada di Kabupaten Merauke Papua

dr Silwanus Sumule mengatakan corona varian delta sudah ditemukan di Kabupaten Merauke, Papua.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Istimewa
OKSIGEN - Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule (tengah) saat mengecek persediaan tabung oksigen medis bersama Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri (kanan). 

TRIBUN-PAPUA.COM: Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule mengatakan corona varian delta sudah ditemukan di Kabupaten Merauke, Papua.

Virus corona varian delta diketahui berasal dari negara India.

"Pada Senin (19/7/2021) sudah dapat konfirmasi dari teman-teman di Litbangkes bahwa dari 12 sampel (pasien di RSUD Merauke) yang diperiksa, 10 dinyatakan positif varian delta," kata Silwanus, dikutip dari laman Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Gelombang Kedua Covid-19, RSUD Jayapura Kewalahan

Dikatakan, masuknya varian delta di Papua, seluruh pihak harus membangun kesadaran diri bersama bahwa protokol kesehatan (prokes) harus dijalankan.

“Walau dari sisi klinis virus tersebut baru ada di Merauke, tak menutup kemungkinan varian delta sudah ada di kabupaten lain yang ada di Papua,” tegasnya.

Hal ini dikarenakan baru ada dua kabupaten di Papua, yaitu Jayawijaya dan Asmat, yang telah menutup bandara dan pelabuhannya.

"Virus ini bergerak melalui manusia, kalau masih ada pembukaan (moda transportasi), aktifitas masyarakat masih tetap jalan. Artinya, virus ini tetap bergerak, jadi tidak menutup kemungkinan virus ini sudah ada di kabupaten lain," pungkasnya.

Selain itu, Silwanus pun meminta aparat keamanan untuk mulai tegas melakukan penindakan kepada siapa saja yang tidak menjalankan prokes. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved