Breaking News:

Covid19 di Papua

Persediaan Tabung Oksigen Rumah Sakit di Papua Menipis, Kebutuhan Meningkat

Kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Mengingat, angka penularan Covid-19 di wilayah Papua terus meningkat.

Tribun-Papua.com/Istimewa
OKSIGEN - Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule (tengah) saat mengecek persediaan tabung oksigen medis bersama Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri (kanan). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Persediaan stok tabung oksigen medis di ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura, menipis lantaran kasus Covid-19 yang terus melonjak di wilayah ini.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua dr Silwanus Sumule kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Rabu (21/7/2021).

Menurut Silwanus, kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan. Mengingat, angka penularan Covid-19 di wilayah Papua terus meningkat.

"Pemasok tabung oksigen di Kota Jayapura, khususnya bagi kami di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura hanya ada satu," katanya.

Baca juga: Masker N95 dan APD Nakes di RSUD Jayapura Papua Menipis

Baca juga: Tak Hanya Obat Terkait Covid-19 yang Kosong, Pasokan Tabung Oksigen Juga Sulit

Menurut dia, dalam sehari pemasok hanya mampu menyiapkan 180 tabung oksigen, selanjutnya langsung dikirim tanpa sisa ke konsumen.

Adapun sebagian besar tabung oksigen dikirim ke RSUD Jayapura, yang lebih banyak menampung pasien Covid-19 di Kota Jayapura.

"Kebutuhan RSUD Jayapura sangat besar, karena rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien terpapar Covid-19," ujar Silwanus.

"Dengan kondisi saat ini, permintaan kami melambung tinggi, sebanyak 120 Tabung kami mohon untuk dikirim ke RSUD Jayapura, sedangkan untuk rumah sakit lainnya tersisa hanya 60 Tabung oksigen," ujar Silwanus yang juga menjabat Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jayapura.

Terdapat sembilan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Jayapura; dua rumah sakit milik swasta, tiga RS milik Pemerintah Provinsi Papua, satu RS milik Pemerintah Kota Jayapura, dan tiga RS milik TNI/Polri.

Menyikapi kondisi ini, pihak RSUD Jayapura mengupayakan pengisian mandiri tabung oksigen, agar rumah sakit lain dapat mendapatkan tabung oksigen sesuai kebutuhan.

"Kita sudah pesan mesin oksigen dari luar Papua, saat ini sedang dalam perjalanan, semoga awal Agustus sudah dapat beroperasi," ungkapnya.

Silwanus memohon kepada masyarakat agar menjaga protokol kesehatan Covid-19, sehingga tak masuk rumah sakit dan membutuhkan oksigen tambahan. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved