Breaking News:

Mencari Pengganti Klemen Tinal

Sejumlah Nama Balon Wagub Papua Berasal dari Petinggi Partai hingga Jenderal Aktif

Belasan kandidat Wakil Gubernur Papua duduki jabatan strategis, mulai petinggi partai hingga jenderal polisi aktif.

Editor: Paul Manahara Tambunan
TribunPapua.com/Roy_Ratumakin/grafis
ILUSTRASI _ Siapa pendamping Lukas Enembe selanjutnya, pascameninggalnya Klemen Tinal. Ada wacana Plt Wagub akan ditentukan koalisi parpol dan opsi penunjukan plt dari kemendagri. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak 13 figur dari lima partai pendukung Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) resmi diserahkan ke Koalisi Papua Bangkit jilid II, dalam bursa calon Wakil Gubernur Papua.

Belasan nama ini diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, Demokrat, PAN, Hanura, dan PKB.

Sementara, Partai Nasional Demokrat (NasDem) abstain dan tak mengusul nama untuk disahkan DPP-nya di Jakarta, sebelum dikirim kembali ke DPR Papua, untuk menentukan satu nama, sekitar Agustus atau September mendatang.

Kemudian, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan dukungannya kepada Ketua DPW PAN Papua Abock Busup yang maju sebagai balon kandidat Wagub Papua.

Baca juga: Abock Busup Diusung 2 Parpol Maju Bakal Calon Wabub Papua

Baca juga: Ini Alasan DPD Golkar Papua Usung Paulus Waterpauw dan Kenius Kogoya Masuk Bursa Cawagub

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan dua nama calon kepada Gubernur Lukas Enembe, untuk selanjutnya diteruskan ke DPR Papua.

Sementara satu lainnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hingga kini belum menyatakan sikap resmi.

Diketahui, Demokrat dan Golkar sama-sama mengusul 6 nama. Sedangkan Partai NasDem memilih netral dan tak mengusul satu nama pun.

"Kita menghormati almarhum Pak Klemen Tinal, kita tak usung nama Cawagub ke Koalisi Papua Bangkit," kata Ketua Partai Nasdem Papua Mathius Awoitauw, yang juga Bupati Jayapura.

Berdasarkan penelusuran Tribun-Papua.com, Rabu (22/7/2021), sejumlah kandidat tersebut memiliki jabatan strategis, mulai petinggi partai hingga jenderal polisi aktif.

Kenius Kogoya adalah Ketua DPD Partai Hanura Papua yang maju sebagai balon wakil gubernur. Ia mendapat dukungan dari Partai Golkar dan PKB.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved