Info CPNS 2021: Syarat dan Formasi di Kemenag untuk Putra/Putri Papua serta Papua Barat

Kemenag membuka formasi Calon Aparatur Sipil Negeri (CASN) untuk seleksi tahun 2021, termasuk untuk Putra/putri Papua dan Papua Barat.

Editor: Claudia Noventa
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
CPNS - Kementerian Agama (Kemenag) membuka formasi Calon Aparatur Sipil Negeri (CASN) untuk seleksi tahun 2021, termasuk untuk Putra/putri Papua dan Papua Barat. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) membuka formasi Calon Aparatur Sipil Negeri (CASN) untuk seleksi tahun 2021, termasuk untuk Putra/putri Papua dan Papua Barat.

Nizar, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama mengatakan, formasi CASN Kemenag terbagi menjadi dua, pertama formasi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) dan kedua calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Kemenag tahun ini membuka seleksi untuk 9.458 CPPPK dan 1.361 CPNS. Jadi total formasinya ada 10.819 formasi CPNS yang dibuka seleksinya tahun ini,” terang Nizar dalam pernyataan tertulis yang disampaikan melalui website resmi Kemenag di Jakarta, Rabu (7/7//2021).

Adapun proses pendaftaran CASN di Kemenag tersebut akan di buka mulai Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Info CPNS 2021: Cara Membuat Akun Pendaftaran, Syarat serta Berkas yang Dibutuhkan

Baca juga: 100 Peserta Tes CPNS di MA Dinyatakan Gagal Karena Positif Covid-19

Nizar menjelaskan, setidaknya ada 9.458 formasi CPPPK khusus bagi eks tenaga honorer K-2 yang sudah terdaftar namanya.

Adapun untuk lowongan CPNS 2021, formasinya terbuka untuk 1.361 posisi yang terbagi dalam formasi umum dan formasi khusus.

Formasi Umum adalah pelamar lulusan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan.

Sedangkan Formasi Khusus CPNS 2021 Kementerian Agama, terdiri dari tiga kelompok. Pertama, Putra/putri Lulusan Terbaik.

Yaitu, pelamar dengan kriteria lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam atau Luar Negeri dengan predikat kelulusan “dengan pujian”/cumlaude yang mempunyai jenjang pendidikan paling rendah sarjana, tidak termasuk diploma IV dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah

Kedua, Disabilitas, yaitu pelamar CPNS 2021 Kementerian Agama yang menyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melaksanakan tugas jabatan formasi yang dilamar sesuai dengan tingkat disabilitasnya yang dibuktikan dengan surat keterangan yang menyatakan jenis dan derajat kredisabilitasanya dari pihak yang berwenang

Ketiga, calon CPNS 2021 Kementerian Agama berasal dari Putra/putri Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Info CPNS 2021: Cara Membuat Akun Pendaftaran hingga Syarat serta Berkas yang Dibutuhkan

Baca juga: Template Surat Lamaran dan Pernyataan untuk Daftar CPNS Kemenhub 2021, Download di Sini

Yaitu pelamar dengan kriteria harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat) yang dibuktikan dengan akte kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari kepala desa/kepala suku.

“Sebarannya, ada 1,193 formasi untuk umum, 137 formasi lulusan terbaik, 28 formasi penyandang disabilitas, dan 3 formasi putra/putri Papua/Papua Barat,” jelas Nizar.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar CPNS 2021 Kementerian Agama, maka segeralah mengakses web Badan Kepegawaian Negara melalui link berikut https://sscasn.bkn.go.id. Setidaknya ada tiga tahapan seleksi yang akan dilakukan. Pertama, Seleksi administrasi yang dilakukan sejak proses pendaftaran. “Hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan pada 28 – 29 Juli 2021,” ujar Nizar.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved