Breaking News:

PON XX Papua

217 Bus Operasional PON Papua Mulai Dipasangi GPS

Sebanyak 217 dari 428 bus operasional PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, mulai dipasangangi Global Positioning System di Jakarta pada Senin kemarin

Editor: Musa Abubar
Humas Kominfo Provinsi Papua for Tribun-Papua.com
Suasana usai pembahasan kesiapan Bus Operasional PON Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA – Sebanyak 217 dari 428 bus operasional PON XX dan Peparnas XVI Papua 2021, mulai dipasangangi GPS atau Global Positioning System di Jakarta pada Senin (26/7/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A. Yudianto mengatakan, pihak Kemenhub RI kini tinggal menunggu sisa 211 bus sisa.

Baca juga: Menanti Tuah Boaz Solossa di Borneo FC

Lanjut dia, untuk kemudian dilakukan pemasangan GPS dengan target rampung sebelum 21 Agustus 2021 mendatang.

"Dengan demikian bila sesuai rencana, diharapkan pada awal September mendatang, seluruh bus operasional PON sudah bakal di empat klaster penyelanggaraan PON XX," kata Jeri melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Boaz Solossa Latihan Perdana Bersama Borneo FC, Netizen: Berasa Lihat Monster Gol

Jeri yang sehari sebelumnya bersama Kadis Perhubungan Papua melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI didampingi Sesditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, kata dia, pihaknya membahas perekrutan sopir (dari Papua) untuk 217 unit micro buss dari Kemenhub RI.

Baca juga: Kapan Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Papua 2021? Simak Jadwal Lengkapnya

Menurut dia, Diskominfo juga telah melakukan pengecekan langsung kesiapan aksebilitas bus untuk mendukung atlet penyandang disabilitas (Peparnas XVI).

"Tapi khusus teknis perekrutan sopir dari Papua itu nanti ditanyakan langsung kepada Kepala Dinas Perhubungan Papua," ujarnya.

Baca juga: Ternyata Scorpio Punya Daya tarik, Ini 6 Zodiak yang Berbakat Berbicara di Depan Umum

Sementara itu, lanjut dia, proses pengerjaan GPS yang meliputi instalasi dan testing diperkirakan membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja, untuk 217 bus yang dihibahkan.

Keberadaan GPS diharapkan mampu memaksimalkan layanan tranportasi darat bagi atlet dan ofisial, lewat sistem aplikasi, saat pelaksaan PON XX dan Peparnas XVI.

Baca juga: Stok Oksigen di Apotek Jayapura Habis, Vitamin Jadi Buruan Warga Kota Jayapura

Sementara 428 bus operasional PON dan Peparnas Papua akan dibagi langsung ke empat klaster dari Jakarta, lewat jalur laut.

Dimana untuk klaster Kota dan Kabupaten Jayapura mendapatkan alokasi 298 unit bus.

Sedangkan klaster Mimika dan Merauke masing-masing 92 dan 38 unit bus.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved