Breaking News:

Lawan Covid19

Daniel Sihite: Transformasi Digital, Solusi bagi Dunia Pendidikan di Kota Jayapura

Daniel berpendapat, gaya interaksi ke depannya sudah tak lagi kembali sama, sebagaimana harus dilakukan melalui pertemuan tatap muka.

Tribun-Papua.com/Nandi Tio Effendy
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Silas Papare, Daniel Sihite, saat mengisi materi soal transpormasi digital terhadap proses pendidikan di masa pandemi Covid-19 di Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Silas Papare, Daniel Sihite berhasil memaparkan hal positif yang sangat berpengaruh bagi para pelajar di Kota Jayapura.

Hal ini ia sampaikan usai mewakili Papua sebagai pemateri dalam seminar daring oleh Kominfo, dengan hastag Indonesia Makin Cakap Digital yang dibuka oleh Presiden  Jokowi.

Kepada Tribun-Papua.com, Kamis (29/7/2021), Daniel menjelaskan materi yang dia paparkan berjudul "Perubahan Interaksi Sosial pada Masa Pandemi Covid-19 Menjadi Dunia Baru bagi Pelajar Kota Jayapura."

Baca juga: Ditinggal Boaz Solossa, Ban Kapten Persipura Masih Misteri

Baca juga: Cara Pakai Masker Dobel yang Benar di Masa PPKM Darurat Covid-19

“Kami di Kota Jayapura dan Papua secara umum awalnya tidak dapat melek (paham) era digital, proses mengajar semuanya dilakukan dengan cara tatap muka dan kurang efektif dalam pelaksanaannya,” ujar Daniel lewat gawainya.

Menurutnya, menyebarnya Virus Corona ke Tanah Papua memaksa perubahan dalam setiap pelaksanaan aktifitas, terkhusus pada dunia pendidikan.

Solusinya, semua elemen wajib tetap melakukan proses transfer literasi lewat digital.

“Mulai dari bangku taman anak-anak hingga dunia perkuliahan di Kota Jayapura saat ini terpaksa menggunakan berbagai platform aplikasi digital dalam pelaksanaan proses belajar via video call,” papar Daniel.

Daniel memandang, transpormasi digital merupakan langkah cepat dalam dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Terkhusus bagi masyarakat Papua, proses digital merupakan kemajuan besar yang memberi nilai positif, sekalipun mengalami berbagai kerugian akibat virus menular tersebut.

“Segalanya dapat dilakukan tanpa harus tatap muka, sehingga lebih mudah. Banyak kegiatan di dunia nyata yang kini berjalan mudah di dunia maya berjalan baik di Kota Jayapura,” jelasnya.

Daniel berpendapat, gaya interaksi ke depannya sudah tak lagi kembali sama, sebagaimana harus dilakukan melalui pertemuan tatap muka. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved