Breaking News:

PON XX Papua

Jelang PON, Polwan Pariwisata Jaga Sejumlah Objek Wisata di Kota Jayapura

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, sejumlah polwan dari institusi Polda Papua yang dikenal dengan polwan pariwisata jaga obyek wisata

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PON XX PAPUA 2021 - Panit Audit Direktorat PAM Obvit Polda Papua, Iptu Tri Astuti Kurnia Dewi, Kamis (29/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, sejumlah polwan dari institusi Polda Papua yang dikenal dengan polwan pariwisata, akan melakukan penjagaan di sejumlah objek wisata di Kota Jayapura.

Demikian disampaikan Panit Audit Direktorat PAM Obvit Polda Papua, Iptu Tri Astuti Kurnia Dewi saat menjadi narasumber dalam kegiatan bertajuk keamanan destinasi wisata.

Momentum itu digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura di Hotel Hom Premiere Abepura, Kamis (29/7/2021) lalu.

Baca juga: Sedang Transaksi Nakoba, Oknum Polisi di Purbalingga Dibekuk Petugas BNN

Ketika dikonfirmasi Tribun-Papua.com melalui telepon seluler Minggu (1/8/2021) Tri menjelaskan polisi pariwisata ini dibentuk untuk memonitor sejumlah objek wisata di Kota Jayapura, saat akhir pekan tiba.

"Kami ada 15 orang polisi dari Polda Papua yang dikerahkan untuk mengamankan objek wisata di Kota Jayapura dan sekitarnya," ujarnya.

Baca juga: Jelang 17 Agustus Deretan Bendera Merah Putih Mulai Terlihat di Kota Jayapura

Tri menyebutkan seragam Polwan Pariwisata sedikit berbeda dengan polwan pada umumnya, yakni dengan berciri khas menggunakan dasi berwarna merah tua.

Disinggung soal tugas pokok polisi atau polwan pariwisata, Tri mengatakan tugas mereka ialah melakukan pengawasan, dan menjamin keamanan di destinasi pariwisata.

"Kita aktif sebagai polwan pariwisata saat akhir pekan, dan berkeliling di tempat-tempat wisata,"katanya.

Baca juga: Balai Arkeologi Papua Temukan Cangkang Kerang Laut di Bukit Khulutiyauw

Selain objek wisata alam, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pemantauan di sejumlah kafe dan pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Jayapura.

Wanita bergelar sarjana hukum itu, mengaku prihatin atas kejadian kejahatan, yang marak terjadi disekitar kawasan destinasi wisata.

Untuk itu ia bersama timnya yang tegabung dalam polisi pariwisata, sangat antusias dan proaktif dalam melakukan sosialisasi terkait keamanan dan kenyamanan, di lingkungan objek pariwisata.

Baca juga: Update Kasus Covid-19 Provinsi Papua Per 30 Juli 2021, Kota Jayapura Masih Tertinggi

Tri juga mengimbau kepada khalayak umum, dalam menyambut PON XX 2021 di Papua, semua pihak harus mebantu menyukseskan momentum akbar itu, tak terkecuali pelaku atau pengelola wisata di Kota ini.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved