Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Info MBKG: Prospek Gelombang Tinggi Sepekan di Papua pada 2 - 8 Agustus 2021

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

TRIBUNNEWS.COM
ILUSTRASI - tinggi gelombang 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Nadila Larajina 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengularkan prospek tinggi gelombang sepekan di Papua, mulai tanggal 2 hingga 8 Agustus 2021.

Berdasarkan data yang diterima dari Kepala Balai Besar (BMKG) Wilayah V Jayapura, Cahyo Nugroho menyebutkan, pada 2 hingga 8 Agustus 2021,  kategori tinggi gelompang 0,25- 1,25 meter,  di 11 wilayah perairan Papua.

Antaralain di Samudera Pasifik utara Biak, Samudera Pasifik utara Jayapura, Perairan Jayapura-Sarmi, Teluk Cenderawasih, Perairan Yos Sudarso, Perairan Biak, perairan Agats-Amamapare, Perairan Merauke, Laut Arafuru bagian timur, Lauta Arafuru timur Kepulauan Aru dan Laut Arafuru selatan Merauke. 

Baca juga: Pemkot Jayapura Diminta Sediakan Tempat Jualan Layak bagi Penyandang Disabilitas

Baca juga: Info BMKG - Prospek Cuaca Sepekan di Papua pada 2-8 Agustus 2021

Selanjutnya, pada 2 hingga 4 Agustus 2021, kategori tinggi gelombang 1,25-2,50 meter di Samudera Pasifik utara Jayapura, Laut Arafuru timur Kepulauan Aru, Laut Arafuru selatan Merauke dan Laut Arafuru bagian timur.

Pada 5 hingga 8 Agustus 2021, kategori 1,25-2,50 meter di Samudera Pasifik utara Biak, Samudera Pasifik utara Jayapura, Perairan Jayapura-Sarmi, Perairan Agats-Amamapare, Laut Arafuru timur Kepulauan Aru, Laut Arafuru selatan Merauke, dan Laut Arafuru bagian timur. 

Berikutnya, kategori tinggi gelombang 2,50-4,00 pada 2 hingga 4 Agustus 2021, berpeluang terjadi di Laut Arafuru selatan Merauke dan Laut Arafuru bagian timur.

Baca juga: Sosok Elisa Basna, Amunisi Baru Persipura Jayapura yang Pernah Berseragam Persebaya dan Persita

Pada 5 hingga 8 Agustus 2021, kategori tinggi gelombang 2,50-4,00 di Laut Arafuru selatan Merauke dan Laut Arafuru bagian timur.

Kemudian, angin di wilayah Papua umunya bertiup dari arah barat-barat daya  dengan kecepatan angin berkisar 05-20km/jam.

Serta himbauan keselamatan kepada masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi kejadian bencana hidrometeorologi apabila terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Baca juga: Calon Penumpang di Bandara Sentani Jayapura Bisa Foto Bareng Maskot PON sebelum Terbang

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved