Breaking News:

Virus Corona

Pentingnya Ganti Sikat Gigi Setelah Sembuh dari Covid-19

Ahli bedah gigi dari India, Dr Pravesh Mehra menjelaskan, alat kebersihan mulut seperti sikat gigi dan pembersih lidah dapat menampung virus.

Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Istimewa
Ilustrasi sikat gigi. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sejumlah dokter gigi menyarankan orang yang baru sembuh dari Covid-19 segera mengganti sikat giginya.

Menurut ahli, mengganti sikat gigi setelah sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2 dapat mencegah infeksi ulang Covid-19, serta melindungi orang lain yang menggunakan kamar mandi yang sama.

Ahli bedah gigi dari Universitas Kedokteran Lady Hardinge India, Dr Pravesh Mehra menjelaskan, alat kebersihan mulut seperti sikat gigi dan pembersih lidah dapat menampung virus.

“Penderita Covid-19 setelah pulih pastikan untuk mengganti sikat gigi, pembersih lidah, dll. Barang-barang bekas penderita tersebut sebaiknya dibuang,” jelas Mehra, seperti dilansir dari BusinessToday, (7/5/2021).

Baca juga: 136.350 Warga Kota Jayapura Telah Tervaksin Covid-19

Baca juga: Atasi Rambut Rontok Memakai Cengkeh, Begini Cara Menggunakannya

Dokter gigi dari Aakash Healthcare Super Specialty Hospital India, Dr Bhumika Madan juga sependapat dengan Dr Bhumika Madan.

Tak hanya Covid-19, menurut Madan, setiap penderita yang baru sembuh dari flu, batuk, pilek juga perlu mengganti sikat gigi setelah sembuh dari sakit.

“Sebaiknya penderita Covid-19 mengganti sikat gigi dan pembersih lidahnya setelah 20 hari sejak gejala pertama muncul,” imbuh Madan.

Bagaimana Covid-19 menyebar lewat sikat gigi?

Perlu diketahui, Covid-19 menular lewat droplet saat penderita batuk, bersin, bicara, tertawa, dll, tanpa masker.

Begitu virus corona terlepas ke udara, virus tersebut dapat bertahan di udara selama beberapa saat dan menular ke orang lain yang tidak pakai masker.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved