Breaking News:

Covid 19 Papua

Ibu Menyusui Terpapar Covid-19, Keluarga Diharapkan Lebih Peka dan Sabar

Peran keluarga cukup penting untuk memberikan pemahaman kepada ibu menyusui bahwa saat terpapar Covid-19, ASI akan aman dikonsumsi oleh bayi.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Roy Ratumakin
Kompas.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Ditengah pandemi Covid-19 tak jarang bila banyak ibu menyusui terpapar virus, sehingga membuat para ibu menjadi takut dan serba khawatir bila tak kunjung pulih.

Disinilah peran keluarga dibutuhkan, baik itu suami atau anggota keluarga lainnya yang bisa menjadi pendukung di masa ini.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Papua, dr Imanuel Yulius Malino menjelaskan, asupan gizi dan nutrisi memang penting untuk dilakukan, akan tetapi bila tidak disertai dukungan maka kesehatan fisik ibu akan semakin menurun.

Baca juga: Ibu Menyusui Wajib Ikut Vaksin Agar Bayi Terlindungi dari Covid-19

"Kata-kata yang memotivasinya untuk sembuh, ya dari orang terdekatnya seperti ibu masih bisa menyusui, pasti bisa sembuh, dan jangan khawatir," kata Imanuel, Kamis (5/8/2021).

Keluarga dalam hal ini pun diharapkan dapat peka dan memahami kondisi ibu yang terpapar corona.

"Coba kita berikan pemahaman bahwa setelah terkena virus ini, nantinya di dalam ASI akan berisi anti body dapat diturunkan kepada bayi," ujarnya.

Selain itu, berikan ruang istirahat yang membuat ibu nyaman untuk tidur.

"Produksi ASI akan sulit bila ibu stress, sehingga penting menjaga kerentanan ini agar tidak terjadi dengan cara memahami, mengerti, memberi jeda dan ketenangan," imbuhnya.

Mengingat dalam tahapan ini pasti tidak mudah bagi anggota yang lainnya, terutama suami.

"Ya memang sulit, tapi bila ada koordinasi dan komunikasi yang terjalin maka saya yakin ibu cepat pulih dan produksi ASI nggak ada masalah justru makin bagus," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved