Breaking News:

Covid 19 Papua

Ibu Menyusui Wajib Ikut Vaksin Agar Bayi Terlindungi dari Covid-19

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Papua, dr Imanuel Yulius Malino menyatakan, ibu menyusui wajib mengikuti vaksin.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Roy Ratumakin
Kompas.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone.com.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Di masa pandemi Covid-19, tentu banyak anjuran dan aturan diberikan oleh pemerintah, sebagai perlindungan diri dari virus corona di antaranya melakukan prosedur protokol kesehatan dan vaksin wajib untuk dilakukan.

Hal ini tidak terkecuali bagi ibu menyusui, yang secara aktif memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Papua, dr Imanuel Yulius Malino menyatakan, ibu menyusui wajib mengikuti vaksin guna membantu bayi terlindungi dari paparan Covid-19.

Baca juga: UNICEF: Tempat Cuci Tangan di Sekolah Tak Perlu Mewah

"Menurut penelitian vaksinasi yang masuk ke tubuh dapat terdeteksi di ASI, dan nantinya melalui hal tersebut bayi terlindungi dari Covid-19," Kamis (5/8/2021).

Meski begitu ia menambahkan, ditengah pandemi Covid-19 ada dua hal yang perlu diperhatikan seperti ibu yang telah terpapar dan belum terpapar.

Ibu yang terpapar Covid-19 masih aman untuk menyusui bayinya, karena belum ditemukan bukti bahwa virus ini dapat masuk ke dalam ASI.

Baca juga: Uji Tanding Dengan PON Yogyakarta, Ragby Putri Papua Dua Kali Menang Telak

"Aman saja bila tetap menyusui meski terkonfirmasi positif,  namun bisa juga melalui ASI perah jika ibu terlalu lemah untuk menyusui," tegasnya.

Selain itu, bila tak ingin menularkan virus kepada bayi, ibu tetap mematuhi prokes dan untuk obat-obatan yang dikonsumsi terbukti aman.

"Ibu yang terpapar Covid kan dia harus minum obat dan aman untuk bayi yang disusui. Penularanya tidak melalui ASI namun percikan air liur, sehingga kami anjurkan tetap memakai masker," imbuhnya.

Dirinya juga menghimbau, di erah varian delta ini para ibu harus sigap dan ekstra menjaga kebersihan saat mengurus bayi.

"Gunakan masker dua lapis, hindari memegang mata dan mulut jika belum mencuci tangan sebelum atau sesudah menyentuh bayi," jelasnya.

Untuk itu, peran keluarga di saat seperti ini sangat diperlukan ibu dan anak.

"Pemberian perhatian dalam situasi pandemi memang baik dilakukan, karena jika sudah terpapar ibu harus memulihkan tubuh segera. Makan, minum dan nutrisi harus terpenuhi bagi ibu," harapnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved